Tuesday, April 29, 2008

Cara merawat ac split

0 komentar

Bila filter pada indoor unit sudah kotor, akan membuat hembusan angin yang keluar dari fan motor indoor menjadi berkurang.
sehingga hawa dingin dalam ruangan atau kamar juga berkurang, saya sarankan anda mencuci filter ac yang berada pada indoor unit tiap 2 minggu sekali.

bila filter sudah dicuci tapi rasa dingin masih tetap saja berkurang, berarti pada sisi-sisi evaporator sudah tertutup oleh debu/lumut.
segera panggil teknisi ac anda untuk mencuci ac dengan mesin steam yang mungkin anda tidak memilikinya.
untuk mengetahui kapan ac split anda harus dicuci atau diservice yaitu dengan cara merasakan angin yang keluar dari indoor unit ac split anda.

set kecepatan speed fan motor indoor unit pada posisi high.
dengarkan angin yang keluar, apakah bunyi angin yang keluar dari blower indoor unit tidak beraturan atau suara angin kasar? jika ya berarti ac split anda harus segera dicuci atau diservice.
bunyi angin yang keluar tidak beraturan atau kasar menandakan evaporator sudah tertutup oleh lumut yang membuat kipas blower dalam indoor unit hanya bisa menghisap udara dievaporator hanya sebagian, jadi angin yang keluar tidak beraturan.
dan inilah salah satu penyebab mengapa ac anda menjadi tidak dingin.

perhatikan juga bagian belakang outdoor unit yaitu condenser, apakah sudah tertutup oleh debu? jika ya, bersihkan dengan kuas atau semprotkan dengan menggunakan selang yang dialiri air bersih/pam.(jika outdoor unit dapat dijangkau oleh anda dan jangan lupa matikan aliran listrik yang menuju ac anda sebelum melakukan ini).

hal-hal yang harus diperhatikan dalam perawatan ac split:

1. Bersihkan filter ac split yang berada pada indoor unit tiap 2 minggu sekali.
2. Jangan merokok didalam ruangan ber-ac, karena nikotin dapat menempel pada evaporator sehingga dapat membuat ac bau rokok.
3. Matikan ac, bila sedang menyemprotkan cairan pembunuh serangga.
4. Jangan meletakan suatu benda yang dapat menghalangi hembusan angin yang keluar dari outdoor unit.
5. Matikan ac bila sudah tidak diperlukan.















Read More ->>

Alat yg dibutuhkan dalam pengisian freon ac split

0 komentar
Cara pengisian pada ac split membutuhkan sebuah alat yaitu manifold, yang dapat anda lihat pada gambar disamping ini.
seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya manifold mempunyai 2 meter tekanan, satu berwarna biru yang berfungsi untuk mengukur tekanan rendah pada sistem pendingin.
dan satunya lagi berwarna merah yang berfungsi untuk mengukur tekanan tinggi pada sistem pendingin.

manifold mempunyai 3 selang penghubung yaitu:

1. selang berwarna biru yang berada dibawah meter warna biru dihubungkan atau dipasangkan pada drat pentil pengisian freon yang berada pada kran nepel 3/8 di outdoor unit.

2. selang berwarna kuning yang berada ditengah kedua meter biru dan merah dihubungkan atau dipasangkan pada tabung freon.

3. selang yang berwarna merah yang berada dibawah meter warna merah dihubungkan atau dipasangkan pada drat nepel 1/4 (kran tekan pada outdoor unit) ini hanya untuk, mengukur tekanan yang dihasilkan oleh compressor.
dalam hal ini kedua pipa instalasi ac split yang menuju ke indoor unit harus dilepaskan terlebih dahulu tanpa melepaskan kabel power yang berada pada outdoor unit.
lalu operasikan ac split, bila outdoor unit sudah mendapatkan supply listrik dari indoor unit pasang selang berwarna merah dengan kencang pada drat nepel 1/4 (kran nepel tekan/discharge) pada outdoor unit.
perhatikan jarum pada meter berwarna merah,masihkah mampu menyentuh angka 500 psi?
bila jarum menunjukan ke angka 500 psi,berarti compressor berkondisi baik.
video cara pengisian freon pada ac split
Read More ->>

Sunday, April 27, 2008

Cara pengisian freon pada ac split

37 komentar
Pertama-tama yang harus dilakukan dalam pengisian freon adalah mengoperasikan ac split.
setelah outdoor unit mendapatkan supply listrik dari indoor unit, buka nepel penutup pentil pengisian freon dengan kunci inggris.
lalu pasang selang berwarna biru yang berada pada manifold di pentil pengisian freon.
setelah selang manifold berwarna biru terpasang, adakah tekanan freon?
dengan melihat jarum manifold tekanan rendah yang berwarna biru.

jika tidak ada tekanan freon sama sekali, berarti sistem pendingin atau ac split ada kebocoran.
cari sampai ketemu dimana letak kebocorannya dengan kuas kecil yang diberi air sabun, bila tidak diperbaiki atau dilas kebocorannya freon akan berkurang kembali walaupun telah diisi sampai ac split menjadi dingin kembali.

bila ruang kebocorannya harus diperbaiki dengan cara mengelas dan pada sistem pendingin/ac split masih terdapat sisa freon, maka yang harus anda lakukan sebelum melakukan perbaikan atau pengelasan adalah membuang sisa freon tersebut agar tidak membahayakan diri anda.
apabila telah ditemukan letak kebocorannya dan sudah diperbaiki atau dilas, sistim pendingin atau ac split harus divakum terlebih dahulu sebelum diisi freon, dengan menggunakan mesin vakum.

vakum yang baik harus mencapai 30", lalu bagaimana bila anda tidak mempunyai mesin vakum???
tenang saja masih ada cara, yaitu dengan menggunakan compressor atau outdoor unit yang akan kita isi freonnya, caranya adalah sebagai berikut :

1. pasang selang manifold berwarna biru pada pentil pengisian freon dan selang warna kuning pada tabung freon (posisi kran ditabung freon dlm keadaan terbuka penuh dan kedua kran pada manifold tertutup penuh).

2. buka penutup kran nepel ukuran 3/8 yang ada pada samping kanan kran nepel outdoor unit.

3. masukan kunci L pada kran nepel 3/8 dan putar kekanan (posisi klep nepel ditutup).

4. operasikan ac split dan tunggu sampai indoor unit mensupply listrik kebagian outdoor unit.

5. setelah outdoor unit beroperasi, lepaskan selang warna biru dari manifold, angin akan keluar dari ujung selang warna biru dan tunggu sampai angin tidak keluar lagi dari ujung selang warna biru.

6. setelah tidak ada angin yang keluar lagi dari ujung selang warna biru, pasang kembali ujung selang warna biru ke manifold lalu putar ke kiri kunci L yang berada pada kran nepel 3/8 (posisi kran nepel terbuka penuh).

7. isi freon dengan memutar kran manifold warna biru kearah kiri sambil melihat jarum manifold untuk memastikan berapa freon yang sudah masuk kedalam sistem pendingin atau ac split.
pada waktu pengisian freon lakukan secara bertahap jangan sekaligus dalam waktu singkat, agar tidak merusak klep compressor.
buka kran manifold........ sebentar........ lalu tutup kembali, lakukan berulang-ulang dan lihat berapa freon yang sudah masuk pada jarum penunjuk yang ada dimanifold, sampai pipa instalasi ac split yang berukuran 3/8 yang berada pada outdoor unit basah berembun atau evaporator yang ada pada indoor unit anda pegang, apabila dinginnya sudah merata berarti proses pengisian freon sudah cukup, tidak harus 75 psi.

bila unit ac kelebihan freon akan membuat ac split menjadi tidak dingin bukan menjadikan lebih dingin.
perhatikan juga amper compressor pada waktu pengisian freon, jangan sampai melebihi batas amper(current) yang dapat anda lihat pada sisi indoor unit.
video cara pengisian freon pada ac split
Read More ->>

Saturday, April 26, 2008

Perbedaan antara ac keluaran lama dan keluaran baru.

0 komentar
Perbandingan kwalitas antara ac keluaran lama dan baru sungguh sangat jauh berbeda.
ac keluaran lama mempunyai pipa yg begitu kuat/tebal pada bagian evaporator dan condensernya.

tapi semua itu membutuhkan kapasitas pendinginan/btu yg lebih besar, sehingga daya listrik yg dibutuhkan juga sangatlah besar.
ac keluaran jaman sekarang mempunyai pipa yg tipis pada bagian evaporator dan condensernya, mengapa? dengan pipa tipis yg berada pada evaporator dapat menurunkan kapasitas pendinginan/btu sehingga daya listrik yg dibutuhkan dapat diturunkan semaksimal mungkin.
dengan pipa yg tipis pada evaporator dapat dengan cepat melakukan proses pendinginan, tanpa harus dengan daya listrik yg begitu besar.
Selama ini kerusakan yg saya temukan pada ac split adalah adanya kebocoran pada pipa yg ada di evaporator, ini yg sangat sering terjadi.
mengapa? disaat ac dioperasikan, tekanan yg ada pada sistem pendingin, yaitu compressor, condenser, strainer , pipa kapiler dan instalasi pipa berada pada tekanan rendah.
sebaliknya bila pada saat ac tidak dioperasikan, tekanan pada sistem pendingin berada pada tekanan tinggi.
sehingga, bila pipa yg berada pada sistem pendingin tidak kuat menahan tekanan freon yg begitu tinggi, akan mengakibatkan kebocoran pada pipa yg berada pada sistem pendingin.
Read More ->>

Monday, April 21, 2008

Tips pemasangan ac split

0 komentar
Bagi anda yang rumahnya menggunakan plafon dari gipsum dan dilewati oleh instalasi pipa ac split, seharusnya menggunakan doble hamaflex/busa pembungkus pipa ac split.
Ini untuk menghindari terjadinya kondensasi yang keluar dari pipa ac split dan dapat mengeluarkan tetesan air yang akan mengenai plafon gipsum rumah anda.
Bila sudah terkena tetesan air, gipsum akan rusak dan tentunya anda harus merenovasinya kembali.


TIPS PEMASANGAN AC SPLIT

1. Usahakan kedudukan antara indoor unit dengan outdoor unit sejajar, agar tekanan freon menjadi seimbang pada saat ac split dioperasikan/tidak.

2. Jangan meletakan barang-barang elektonik tepat dibawah indoor unit, sewaktu-waktu talang air dalam indoor unit dapat tersumbat oleh lumut maka air yang seharusnya keluar lewat drain hose/selang pembuangan air ac split, dapat meluap keluar kebawah bagian indoor unit dan dapat membasahi barang-barang elektonika anda.

3. Sediakan stop kontak untuk power supply ac split.
agar sewaktu-waktu indoor unit/ac split terjadi masalah teknisi tidak naik ke atas plafon untuk melepas kabel power supply ac split.

4. Bila instalasi pipa ac split anda tertanam didalam tembok.
usahakan bobokan tembok lebih dalam, agar tidak terjadi kondensasi yang akan membuat lumut pada tembok.

5. pemasangan outdoor dibawah plafon diusahakan jangan terlalu dempet dengan plafon, buat jarak sekitar 20 cm dari plafon agar memudahkan teknisi ac split membuka tutup/kap pada outdoor unit bila terjadi masalah pada ac split anda.
Read More ->>

Monday, April 14, 2008

Kerusakan pada ac split dan solusi memperbaikinya

303 komentar
Kerusakan-kerusakan yang terjadi pada ac split adalah kebocoran freon, ini dapat ditandai dengan adanya salju pada bagian atas evaporator dan pipa instalasi yang berukuran 1/4 yang menyambung kebagian outdoor unit.
selain kebocoran freon masih ada lagi kerusakan-kerusakan yang lainnya.
mengapa ac split tidak mau dingin???

1. Check pada remote control, apa posisi operation mode berada pada posisi cool? bila tidak pada posisi cool, pindahkan pada posisi cool.

2. Check pada remote control, apa posisi pengaturan suhu terlalu tinggi?
bila terlalu tinggi, turunkan pada suhu yang terkecil.

3. Check outdoor unit, apakah dapat power supply dari indoor unit?
anda bisa lihat, apa fan motor outdoor unit berputar atau tidak?
bila tidak berputar berarti belum mendapatkan aliran listrik dari indoor unit.

4. Check pada outdoor unit, apa pipa ac split yang berukuran kecil mengeluarkan salju/es?
jika mengeluarkan salju/es berarti unit ac split ada kebocoran freon.
cari kebocoran, perbaiki dan isi freon kembali.

5. Check pada outdoor unit, ukur tekanan freon dengan manifold dan ukur amper compressor.
nilai amper compressor yang normal dapat anda lihat pada tabel spesifikasi disisi indoor unit.
tekanan freon yang normal, jika tidak terjadi kebocoran freon pd unit ac split, adalah 75 psi (jika compressor dapat beroperasi).
namun jika compressor tidak dapat beroperasi tekanan freon bila di ukur dengan manifold adalah 150 psi.
jika fan motor outdoor beroperasi, tetapi compressor tidak dapat start berarti ada kerusakan pada bagian compressor sbb:

-mekanik pada compressor rusak, ini dapat menyebabkan compressor macet/tidak dapat beroperasi.

- overload pada compressor rusak.

- running capasitor rusak.

- kabel-kabel yang menuju ke compressor terputus/terbakar.

- gulungan dinamo pada motor compressor sudah tidak bagus.
ini dapat ditandai dengan amper yang begitu tinggi/diatas batas normal jika diukur dengan clamp meter atau tang ampere.

6. ac split mati total???

solusinya adalah:
yang harus anda periksa pertama kali adalah, mcb yg berada pada box pembagian listrik.

-periksa apa ada mcb yang khusus buat power supply ac turun?
bila ada yang turun segera naikan kembali.

-periksa sikring yang ada pada steker dan komponen pcb ac anda.
bila putus ganti dengan sikring yang baru.

-periksa juga trafo power supply yang berada pada komponen pcb.
apakah berfungsi dengan baik?

bila mcb untuk power ac split sudah dinaikan.
sikring pada steker dan sikring yang ada pada komponen pcb sudah diganti dengan sikring yang baru.
lalu ac split kembali dioperasikan, tetapi tidak lama kemudian mcb turun lagi berarti:
ada korsleting pada ac split anda, biasanya yang korsleting ada pada bagian outdoor unit, yaitu compressor sudah contact body.
atau mcb yg anda gunakan untuk power supply ac split anda terlalu kecil nilai ampernya.

7. sewaktu ac split dioperasikan, lampu timer pada indoor unit berkedip-kedip.
-ini menandakan thermis yang ada pada komponen pcb rusak.
solusinya adalah:
ganti thermis dengan yang baru (thermis penempatannya ada dievaporator yang kabelnya berwarna hitam yang dihubungkan ke komponen pcb)
-Tekanan/freon didalam sistem berkurang
solusinya adalah:
Bila tekanan freon dalam sistem berkurang, berarti ada kebocoran dibagian indoor unit, instalasi pipa ac split atau pada outdoor unit.
cari kebocoran tersebut dengan menuangkan air yang dicampur dengan sabun detergen disetiap sambungan nepel antara indoor unit dengan instalasi pipa, sambungan nepel antara outdoor dengan instalasi pipa.
cari juga kebocoran pada bagian evaporator pada indoor unit dan disetiap sambungan pengelasan pada bagian outdoor unit.
bila letak kebocoran sudah ditemukan, perbaiki dengan cara mengencangkan mur nepel pada indoor atau outdoor unit, lakukan pengelasan pada evaporator dan sambungan pipa pada outdoor unit.
setelah diperbaiki lakukan vakum pada semua sistem dan isi freon kembali.
-compressor ac mengalami gangguan/macet, solusinya adalah:
periksa running capasitor apakah mengalami kerusakan?
periksa kabel-kabel yang menuju ke compressor, apakah terputus?
periksa overload yang berada diatas body compressor, apakah mengalami kerusakan?

8. ketika ac split dioperasikan dengan remote control, ac tidak mau start, tetapi bila bila dioperasikan dengan menekan tombol manual yang berada pada indoor unit, ac split mau start.

solusinya adalah:
cek sensor yang berada pada bagian komponen pcb ac split.
mungkin terkena air, keringkan sensor dengan cara mengelapnya.
periksa juga battery pada remote control mungkin sudah lemah.
cek juga remote controlnya mungkin rusak karena terjatuh.

9. ketika ac split dioperasikan, fan motor pada indoor berputar kencang lalu berhenti tidak beroperasi sama sekali.
ini menandakan kerusakan ada pada fan motor indoor, ganti fan motor indoor dengan yang baru.

10. ketika ac split dioperasikan, 15 menit kemudian air menetes dari bawah sisi indoor unit.(ac split dalam kondisi normal/dingin)
talang air/selang pembuangan air pada indoor unit sudah penuh dengan lumut, cuci ac split dengan mesin steam.
pada ac split yang menggunakan evaporator leter L, berarti mempunyai dua talang air yaitu diatas yang menyatu pada body indoor unit dan satunya berada dibawah yang bisa anda lepaskan dari indoor unit.
bila talang air yang dibagian bawah sudah dibersihkan tetapi talang yang atas tidak dibersihkan kebocoran air masih saja tetap terjadi.

11. ketika ac split dioperasikan, compressor pada outdoor unit mengalami overload/compressor tidak bekerja karena panasnya melebihi dari 150 derajat.
solusinya adalah:

-cek amper compressor dengan tang amper
-periksa overload apakah masih berfungsi dengan baik?
-periksa oli yang berada pada compressor, bila kurang oli tambahkan dengan oli compressor.
-ganti strainer dan pipa kapilernya yang mungkin sudah tersumbat.
-bersihkan outdoor unit apabila condenser tertutup oleh debu/kotoran.
-buka plat pembatas ruangan compressor, agar panas compressor dapat dibuang oleh fan motor outdoor unit.

12. ketika ac split dioperasikan dan sewaktu indoor unit mensupply listrik kebagian outdoor unit, compressor berbunyi kencang dan ac split tidak mengeluarkan dingin.
solusinya adalah:

-cek running capasitor, bila rusak ganti dengan yang baru.
-bila running capasitor dalam kondisi baik, berarti compressor mengalami kemacetan pada mekanik compressornya dan anda harus mengganti compressor dengan yang baru apabila cara dibawah ini tidak berhasil memutar mekanik compressor.

tips mengatasi compressor macet

-pergunakan starting capasitor atau perbesar nilai micro pada running capasitor.
-balik putaran arah compressor dengan memindahkan kabel power yang berada pada running capasitor keposisi kaki running capasitor yg disebelahnya dan coba dlm beberapa detik, setelah itu kembalikan pada posisi semula.
-masukan tekanan freon pada pipa hisap/suction ketika compressor mulai start.
-pukul dengan martil pada bagian mekanik compressor.
-naikkan tegangan listrik untuk mencoba memutar mekanik compressor.
Read More ->>

Wednesday, April 9, 2008

Fan Motor Outdoor Unit

0 komentar









Fan motor outdoor unit berfungsi untuk membuang panas yg ada pada condenser.
kerusakan yg sering terjadi pada fan motor outdoor unit sama persis dengan kerusakan yg terjadi pada fan motor indoor unit, perbedaannya hanya pada daun kipasnya saja.

fan motor outdoor unit pada setiap ac split lain merk arah putarannya berbeda-beda ada yg ke kiri dan ada yg ke kanan.
bila kita mengganti fan motor outdoor unit tapi bila putarannya berbeda dari yg aslinya, kita bisa membalik putaran arah fanmotor yaitu dengan cara memindahkan line listrik yg berada pada kaki capasitor fan no 1 ke kaki capasitor fan no 2.

fan motor pada bagian outdoor unit dirancang anti air karena penempatannya yg berada diluar rumah, agar tidak terbakar/korsleting sewaktu terkena tetesan air hujan.
Read More ->>

Fan Motor Indoor Unit

2 komentar

Fan motor dlm indoor unit berfungsi untuk menghisap udara melewati sisi-sisi evaporator, lalu menghembuskan udara dingin kedalam ruangan.
Fan motor didalam indoor unit menggunakan daun kipas yg berbentuk blower, anda dapat lihat pada gambar diatas.
Kerusakan yg sering terjadi adalah:

1.Fuse didalam gulungan dinamo terputus.
anda dapat mengganti fuse tsb jika gulungan fan motor tidak dibuat paten.

2.Gulungan pada fan motor indoor, hangus/terbakar.
anda dapat menggulungnya lagi pada tukang dinamo, ini juga bila gulungan dinamo tidak dibuat paten.
jika dibuat paten, anda harus mengganti fan motor tsb dengan yg baru.

3.Capasitor yg terletak pada komponen pcb, rusak
ukur capasitor dengan multitester pada skala ohm x 1k
tempelkan kabel probe test pada kedua kaki capasitor fan motor.
perhatikan, pada waktu anda menempelkan kabel probe tsb, lihat jarum multitester bergerak kekanan, lalu dengan cepat turun kembali kekiri.
bila ya, berarti capasitor fan motor masih dalam kondisi baik.

4.Bearing pada fan motor indoor rusak.
ini akan mengganggu pada saat ac dioperasikan, ganti kedua bearing tsb dengan yg baru.
Read More ->>

Tuesday, April 8, 2008

Komponen pcb pd ac split

0 komentar
Komponen pcb pada ac split berfungsi menghidupkan, mematikan ac, mengatur suhu ruangan, mengatur kecepatan speed fan motor indoor, mengatur timer/berapa jam ac mau dioperasikan, mengatur tinggi rendah swing motor, dengan sebuah remote control.

Kerusakan pada komponen pcb bervariasi, dari mulai thermis rusak, bagian power supply tidak bekerja/trafo pd bagian power supply rusak dan masih banyak lagi.

Untuk anda yg ingin ahli dalam penanganan komponen pcb, saya sarankan anda untuk mengikuti kursus elektronika, karena pada bagian ini hampir 98% komponen elektronika, seperti: ic, transistor, resistor, dioda dan kondensator.]

Tapi bila anda tidak mau pusing, ada tempat service yg menerima perbaikan komponen pcb tersebut, atau bisa juga anda serahkan langsung ke showroom merk ac yg komponennya ingin anda perbaiki.
Read More ->>

Monday, April 7, 2008

Evaporator

0 komentar

Evaporator adalah kebalikan dari condenser, kalau condenser berfungsi sebagai penampung panas dari freon yg dipompa oleh compressor dan membuang panasnya dengan sebuah fan motor. evaporator berfungsi sebagai penampung dingin dari freon yg sudah berubah wujud menjadi cair setelah melewati pipa kapiler.
Didalam evaporator yg hampa udara, freon akan menguap dan mengambil panas pada pipa-pipa yg berada pada evaporator sehingga pipa-pipa di evaporator menjadi dingin, dan membuang dinginnya dengan hembusan sebuah fan motor dengan daun kipas yg berbentuk blower.Kerusakan yg sering terjadi pada evaporator adalah kebocoran, bisa diperbaiki dengan cara mengelas disemua tekukan u nya atau menganti u nya atau juga mengganti evaporatornya dengan yang baru.

Read More ->>

Pipa kapiler

0 komentar

Pipa kapiler adalah pipa dengan lubang yg diameternya amat kecil sekali, mulai dari 0.27" 0.31" 0.54" dan 0.70".
Pipa kapiler berfungsi sebagai pengubah freon yg berwujud gas agar menjadi cair, didalam pipa kapiler freon berdesak-desakan lalu masuk kedalam evaporator.
didalam evaporator freon menguap dan mengambil panas, dengan semburan freon yg berbentuk cair.
Sehingga pipa-pipa dievaporator menjadi dingin, lalu dinginnya dihembuskan oleh fan motor dengan daun kipas berbentuk blower.
Read More ->>

Strainer/saringan

0 komentar
Strainer atau saringan berfungsi untuk menyaring freon yg mengalir didalam sistem pendingin, agar freon yg mengalir menjadi bersih.
strainer/saringan ada 2 macam, yaitu:
1. strainer/saringan tanpa isi silica gel.
2.strainer isi silica gel.
Read More ->>

Condenser

0 komentar
Condenser berfungsi sebagai pembuang panas pada sistem mesin pendingin.
Sewaktu freon dipompa oleh compressor, suhunya akan menjadi naik/panas. untuk membuang panasnya dibutuhkan condenser, dengan sebuah fan motor untuk dapat membuang panas yg melekat pada condenser.
condenser berada pada bagian outdoor unit, kerusakan pada condenser adalah kebocoran pada pipa yg berada didalamnya.

usahakan pada saat anda mencuci/service ac split pergunakan air pam jangan air tanah, agar outdoor unit anda tidak cepat berkarat.





Read More ->>

Sunday, April 6, 2008

Hermetic atau Compressor

0 komentar
Didalam Hermetic atau Compressor terdapat gulungan dinamo, mekanik compressor dan oli compressor.
Hermetic atau Compressor adalah alat yg paling utama dalam sistem mesin pendingin.
Fungsi dari compressor adalah untuk memompa freon yg semula berwujud gas dan merubahnya kedalam wujud cair setelah dipompa atau ditekan.
Yg berbentuk ramping disebelah kiri atas adalah type compressor jenis rotary.
sedangkan yg bagian kiri bawah adalah type compressor jenis piston.


kedua jenis type compressor ini masih dipergunakan pada industri yg memproduksi ac split dan window.
Seiring perkembangan jaman yg semakin modern, type ac split dan window sudah tidak lagi menggunakan type compressor jenis piston, disamping bentuknya yg memakan ruang dalam penempatannya juga ber-amper besar bila dibandingkan dengan compressor type rotary.

Pipa tekan/discharge pada compressor rotary berada pada bagian atas dekat dengan terminal compressor, Sedangkan pipa hisap/suctionnya berada pada samping body compressor.
Compresor jenis rotary pada ac hanya ada dua pipa yg keluar, yaitu pipa tekan/discharge satu buah dan pipa hisap/suction satu buah.
selain berguna untuk menghisap kembalinya freon, pipa hisap digunakan juga untuk pengisian freon.

Pada lemari es yg menggunakan compressor rotary ada lima pipa yg keluar yaitu:
pipa tekan/discharge 1 buah.
pipa hisap/suction 2 buah, satunya untuk pengisian freon.
pipa pendingin oli 2 buah.
Tentang lemari es, nanti kita bahas pada bab berikutnya.
video compressor saat beroperasi dapat anda lihat disini
Read More ->>

Cara mengetahui Compressor yang baik atau siap pakai

0 komentar
Pertama yang dilakukan adalah ukur tiga terminal compressor ke body compressor dengan multitester ohm x 1K jika ada tahanan/ohm atau jarum multitester bergerak berarti compressor contact body/korslet.

Jika tidak ada tahanan/jarum multitester tidak bergerak segera lakukan yang dibawah ini.
Pasang pentil pengisian freon pada pipa tekan/discharge dengan cara di las, setelah selesai pasang manifold meter yang berwarna merah.
untuk pengecekan compressor pada outdoor unit pasang selang manifold warna merah pada kran nepel 1/4 dan kencangkan.
pastikan 2 buah kran nepel 1/4 dan 3/8 telah dibuka ke arah kanan dengan kunci L.

Meter yang berwarna merah pada manifold adalah untuk mengukur tekanan tinggi/high presure 0-500 psi, sedangkan meter yang berwarna biru adalah untuk mengukur tekanan rendah/low presure 0-150 psi.
Setelah manifold meter warna merah terpasang pada pipa tekan/discharge atau telah terpasang pada drat nepel 1/4 (untuk pengecekan compressor yang berada pada outdoor unit) dengan kran manifold tertutup penuh.

Barulah anda jalankan compressor, perhatikan pada meter warna merah apakah jarum berjalan sampai menyentuh angka 500 psi, jika menyentuh angka 500 psi berarti compressor dalam keadaan baik atau siap pakai.

Ukur juga amper compressor pada waktu pengetesan tekanan, normal atau tidak? tergantung berapa pk compressor yang akan anda test.
Perhatikan juga pada pipa hisap/suction bila compressor yang anda test tekanannya.
Apakah ada angin yang keluar atau tidak pada pipa hisap/suction, jika ada angin yang keluar, otomatis meter yang tadinya menunjuk angka 500 psi akan turun kebawah.
Ini menunjukan klep hisap pada compressor sudah tidak dapat tertutup rapat alias bocor.
Bila ini terjadi, compressor tidak layak pakai alias berkondisi jelek, walaupun dapat mengeluarkan tekanan sampai 500 psi(per square inch).
Read More ->>

Friday, April 4, 2008

Bagian-bagian dalam mesin pendingin

0 komentar
1. Hermetic atau Compresor.
2. Condenser.
3. Strainer atau saringan.
4. Pipa kapiler.
5. Komponen pcb.
6. Fan indoor unit.
7. Fan outdoor unit.

Hermetic atau compressor adalah bagian penting dalam mesin pendingin, bila terjadi kerusakan pada bagian ini anda akan mengeluarkan biaya yg sangat besar.
bila tegangan listrik didaerah anda naik turun/tidak stabil, saya sarankan anda menggunakan stabilizer untuk menormalkan tegangan listrik dirumah anda, karena tegangan listrik yg tidak stabil atau turun naik adalah salah satu faktor penyebab kerusakan compressor.
Condenser berfungsi sebagai pembuang panas freon yg keluar dari pipa tekan/discharge sebuah compressor dengan bantuan sebuah fan motor yg berdaun kipas sebanyak 4 buah, hawa panas itu dibuang selama ac split dioperasikan.
Strainer atau saringan didalamnya terdapat filter untuk menyaring kotoran dalam freon agar tidak masuk kebagian pipa kapiler.
Pipa kapiler adalah pipa yg lubangnya berdiameter kecil sekali, berfungsi sebagai pengubah freon yg semula berbentuk gas dan merubahnya kedalam bentuk cair.
Komponen pcb berfungsi untuk mengatur operasional sebuah ac split dengan remote control.
Fan motor indoor unit berfungsi untuk menghembuskan hawa dingin yg berada pada evaporator.
Fan motor outdoor unit berfungsi membuang panas freon yg berada pada condenser.
Read More ->>
 

| Bengkel ac dan kulkas © 2014. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Design by Brian Gardner | Back To Top |