Sunday, April 27, 2008

Cara pengisian freon pada ac split


Pertama-tama yang harus dilakukan dalam pengisian freon adalah mengoperasikan ac split.
setelah outdoor unit mendapatkan supply listrik dari indoor unit, buka nepel penutup pentil pengisian freon dengan kunci inggris.
lalu pasang selang berwarna biru yang berada pada manifold di pentil pengisian freon.
setelah selang manifold berwarna biru terpasang, adakah tekanan freon?
dengan melihat jarum manifold tekanan rendah yang berwarna biru.

jika tidak ada tekanan freon sama sekali, berarti sistem pendingin atau ac split ada kebocoran.
cari sampai ketemu dimana letak kebocorannya dengan kuas kecil yang diberi air sabun, bila tidak diperbaiki atau dilas kebocorannya freon akan berkurang kembali walaupun telah diisi sampai ac split menjadi dingin kembali.

bila ruang kebocorannya harus diperbaiki dengan cara mengelas dan pada sistem pendingin/ac split masih terdapat sisa freon, maka yang harus anda lakukan sebelum melakukan perbaikan atau pengelasan adalah membuang sisa freon tersebut agar tidak membahayakan diri anda.
apabila telah ditemukan letak kebocorannya dan sudah diperbaiki atau dilas, sistim pendingin atau ac split harus divakum terlebih dahulu sebelum diisi freon, dengan menggunakan mesin vakum.

vakum yang baik harus mencapai 30", lalu bagaimana bila anda tidak mempunyai mesin vakum???
tenang saja masih ada cara, yaitu dengan menggunakan compressor atau outdoor unit yang akan kita isi freonnya, caranya adalah sebagai berikut :

1. pasang selang manifold berwarna biru pada pentil pengisian freon dan selang warna kuning pada tabung freon (posisi kran ditabung freon dlm keadaan terbuka penuh dan kedua kran pada manifold tertutup penuh).

2. buka penutup kran nepel ukuran 3/8 yang ada pada samping kanan kran nepel outdoor unit.

3. masukan kunci L pada kran nepel 3/8 dan putar kekanan (posisi klep nepel ditutup).

4. operasikan ac split dan tunggu sampai indoor unit mensupply listrik kebagian outdoor unit.

5. setelah outdoor unit beroperasi, lepaskan selang warna biru dari manifold, angin akan keluar dari ujung selang warna biru dan tunggu sampai angin tidak keluar lagi dari ujung selang warna biru.

6. setelah tidak ada angin yang keluar lagi dari ujung selang warna biru, pasang kembali ujung selang warna biru ke manifold lalu putar ke kiri kunci L yang berada pada kran nepel 3/8 (posisi kran nepel terbuka penuh).

7. isi freon dengan memutar kran manifold warna biru kearah kiri sambil melihat jarum manifold untuk memastikan berapa freon yang sudah masuk kedalam sistem pendingin atau ac split.
pada waktu pengisian freon lakukan secara bertahap jangan sekaligus dalam waktu singkat, agar tidak merusak klep compressor.
buka kran manifold........ sebentar........ lalu tutup kembali, lakukan berulang-ulang dan lihat berapa freon yang sudah masuk pada jarum penunjuk yang ada dimanifold, sampai pipa instalasi ac split yang berukuran 3/8 yang berada pada outdoor unit basah berembun atau evaporator yang ada pada indoor unit anda pegang, apabila dinginnya sudah merata berarti proses pengisian freon sudah cukup, tidak harus 75 psi.

bila unit ac kelebihan freon akan membuat ac split menjadi tidak dingin bukan menjadikan lebih dingin.
perhatikan juga amper compressor pada waktu pengisian freon, jangan sampai melebihi batas amper(current) yang dapat anda lihat pada sisi indoor unit.
video cara pengisian freon pada ac split

Kindly Bookmark this Post using your favorite Bookmarking service:
Technorati Digg This Stumble Stumble Facebook Twitter

39 komentar:

Anonymous said...

Salam kenal Om James Priyono, om kalau mau beli mesin vakum standarnya beli yang berapa PK? terima kasih.

James Priyono on May 25, 2011 at 9:37 PM said...

Kalau untuk unit kecil seperti ac split dan kulkas, ukuran 0.5 pk sudah cukup.

Anonymous said...

Om, kemarin ada saya tanya di toko sparepart ac, harga mesin vakum yg 1/2PK hampir 2juta, kalau yg 1/4PK 650ribu, kalau saya beli yg 1/4PK kuat gak utk vakum ac split/kulkas ?

James Priyono on May 30, 2011 at 12:19 AM said...

kuat juga, yg penting pada saat pemakuman nya harus 30 inch.

Anonymous said...

Ok sip om, kalau melakukan vakum dgn kompresor itu sendiri tanpa mesin vakum bisa merusak kompresor gak om?

James Priyono on May 31, 2011 at 7:34 AM said...

tidak merusak kompresor.

Anonymous said...

kalau proses pump-down bisa merusak kompresor om james?

Anonymous said...

om, kalau ternyata tidak merusak kompresor, maka tidak perlu repot lg membawa pompa vakum, apakah hasil vakumnya sama bila vakum dengan mesin vakum?

James Priyono on June 1, 2011 at 6:54 PM said...

kalau mau pump down, liat-liat dulu kondisi kompresornya masih baik atau tidak.
untuk masalah vakum lebih baik menggunakan mesin vakum.

heroe said...

bos,,,,slm knal dr jepara,,klo kompresor bkas window 0,5pk d sulap jd alat vaccum bs gak?mtrnuwun.....

James Priyono on June 8, 2011 at 5:26 PM said...

Salam kenal dan salam sejahtera dari saya buat mas Heru sing wong Jepara.
iso mas, vakum dari kompresor 0.5 pk sudah cukup baik.

Anonymous said...

Utk mas james, oli kompresor pd ac mobil harus diganti setelah berapa tahun, kalau utk ac split apa harus diganti juga?

James Priyono on June 19, 2011 at 11:32 AM said...

Karena tidak ada proses pembakaran, maka olie kompresor tidak perlu diganti.
kecuali unit mengalami kebocoran dan dari kebocoran tersebut ikut mngeluarkan banyak olie.
maka penambahan olie harus dilakukan atau ganti dengan olie baru.

Anonymous said...

1.Kalau begitu ,kenapa oli kompressor ac-mobil mesti diganti kalau dibawa ke bengkel Mas secara tidak ada proses pembakaran?

2.Dan bagaimana cara utk mengisi/menambah oli pada kompressor ac split?

Terima kasih sebelumnya.

James Priyono on June 24, 2011 at 6:25 PM said...

Pada ac mobil, olie kompresor bisa saja mengalami penyusutan karena letak kompresor berada pada suhu yg panas.
disamping itu material kompresor ac mobil terbuat dari besi babet, sehingga bila ada keausan pada mekanik kompresornya akan membuat olie menjadi kotor.
untuk mengisi olie pada kompresor ac split, bisa lewat kran valve suction dengan kondisi kompresor beroperasi.

Anonymous said...

Jadi proses isi oli-nya seperti waktu isi freon mas? dalam keadaan beroperasi

James Priyono on July 11, 2011 at 1:02 PM said...

Iya, pada saat kompresor beroperasi tapi dlm keadaan tidak ada freon didalam unit.

Anonymous said...

Mas Pri, kalau klep kompressor bocor, bisakah melakukan vakum dengan kompressor itu sendiri tanpa mesin vakum? Thx.

James Priyono on July 19, 2011 at 10:34 PM said...

Bila klep hisap bocor masih bisa untuk melakukan vakum.

Anonymous said...

Mas, pd saat ngisi oli lewat kran isap, oli sanggup melewati accumulator dan masuk kompresor?

James Priyono on July 24, 2011 at 10:23 PM said...

Fungsi akumulator adalah untuk merubah freon cair menjadi gas agar tidak merusak klep compressor.
didalam akumulator hanya terdapat saringan seperti kawat anti nyamuk dan oli dapat masuk melewatinya.

Anonymous said...

Mas, pada waktu AC baru dinyalakan pipa membeku sebentar, baru beberapa saat kemudian, bekunya hilang, tp bukan kebocoran freon, itu pertanda apa mas? apa klep bocor? kalau iya, klep tekan atau hisap? thx...

James Priyono on August 4, 2011 at 12:46 PM said...

Bila bekunya hilang dlm beberapa saat dan ac beroperasi dengan normal itu bukan suatu kerusakan.
Bila klep tekan dan hisap bocor, ac tidak dapat beroperasi dengan normal.

Anonymous said...

Mas, bila diasumsikan tekanan normal 75psi, bila klep tekan ataupun hisap bocor, tekanan akan jadi berapa? naik atau turun?

James Priyono on August 8, 2011 at 1:36 PM said...

Bila klep tekan bocor sudah pasti tekanan akan menjadi rendah.
bila diisi freon, tekanan tidak akan naik.
sebaliknya jika klep hisap bocor tekanan menjadi tinggi.

Anonymous said...

Pak James, kenapa kalau freon kurang, pipa bisa beku?

James Priyono on August 15, 2011 at 4:55 AM said...

Karena tekanan dan suhu yang rendah akan membuat pipa ukuran 1/4 menjadi beku atau berbunga es.

Anonymous said...

Pak, kalau jarak indoor dan outdoor jauh sekali otomatis pipa AC panjang sekali, freon mesti diisi/ditambah lebih banyak biar bisa dingin? (diatas tekanan normal 75psi)

James Priyono on August 24, 2011 at 11:32 PM said...

Bila unit nya ac baru, diukur dulu tekanan freonnya.
kalau kurang tajam dinginnya bisa ditambahkan freon.
penggunaan pipa diatas 10 meter, garansi kompresor dari pabrik tidak berlaku lagi biasanya.

Anonymous said...

Pak, berarti makin panjang pipa bisa mengakibatkan kurang dingin?

Anonymous said...

Selamat Idul Fitri buat Mas James Priyono dan keluarga, semoga sukses selalu.

Anonymous said...

Mas, mau nanya, apakah mekanik pd kompresor ac split bisa mengalami keausan spt pd kompresor ac mobil? sehingga perlu dilakukan penggantian freon dan oli spt pd waktu service ac mobil

James Priyono on September 8, 2011 at 12:27 AM said...

Mekanik kompresor bisa saja mengalami keausan bila olie kompresor berkurang karena ada kebocoran besar pada sistem.

Hari said...

Utk om james, kalau klep tekan uda jebol, apakah di pipa tekan akan timbul bunga es kalau ac dijalankan (seperti kondisi freon kurang) ? makasih.

James Priyono on September 18, 2011 at 5:17 PM said...

Bila klep tekan rusak atau patah maka proses pemompaan pada freon tidak dapat dilakukan dan freon tidak akan menguap dibagian evaporator.

Hari said...

Dengan kata lain tidak timbul bunga es di bagian pipa tekan om?

Kalau unit outdoor 1PK, tp indoor ditukar 3/4PK, bisa ngak om?

James Priyono on September 23, 2011 at 11:02 AM said...

Betul sekali, tidak akan timbul bunga es bila klep tekan rusak atau patah.
Indoor 1 pk bisa anda ganti dengan indoor 3/4 pk.

Unknown on September 7, 2015 at 12:11 AM said...

Mas ..klo memvacum pake konfresor,kuncil L yg 1/4 dalam keadaan tertutup apa terbuka?...makasih mas

James Priyono on September 7, 2015 at 8:16 AM said...

Dalam keadaan tertutup, dan biarkan terbuka kran 3/8. Bila manifold jarumnya sudah ke posisi vakum baru kemudian ditutup kran 3/8 nya.

 

| Bengkel ac dan kulkas © 2014. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Design by Brian Gardner | Back To Top |