Tuesday, June 29, 2010

Cara mencari kebocoran pada evaporator


Cara mencari kebocoran pada bagian evaporator sama pencariannya dengan mencari kebocoran pada ban dalam kendaraan anda pada tukang tambal ban.
bila anda ingin melakukan perbaikan ini pertama-tama lakukan proses pump down (memasukan freon kedalam unit outdoor atau melakukan cara bongkar pasang ac split yang telah saya posting sebelumnya)


proses pump down dilakukan bila freon dalam sistem masih ada, tetapi bila sudah tidak ada freon dalam sistem anda tak perlu untuk melakukan pump down.
setelah indoor terlepas dari bracket buka tutup indoor lalu buka beberapa baut pada bagian komponen pcb dan lepaskan socket fan motor, socket motor swing, socket sensor led display, socket thermistor dan lepaskan kabel ground/arde yang menuju bagian evaporator.

setelah box komponen pcb anda lepaskan buka evaporator.
evaporator ada yang dibaut pada body indoor atau hanya dikunci dengan cara menjepitnya dengan body indoor.
angkat bagian kiri terlebih dahulu lalu kemudian lepaskan dengan cara perlahan-lahan dan jangan lupa buka klem yang mengunci pada pipa dibagian belakang indoor unit.

setelah evaporator terlepas tutup bagian pipa ukuran 3/8 dengan nepel 3/8 yang sudah dikembangkan ujung pipanya dan pada ujung satunya anda las mati. ( lihat gambar 2 )
pasang nepel 3/8 tersebut lalu dikencangkan dengan 2 buah kunci inggeris.
sedangkan pada bagian pipa 1/4 nya anda pasangkan selang manifold, untuk memasukan angin dari pompa vakum yang telah anda buat dengan compressor bekas.
bila anda tak mempunyai pompa vakum yang terbuat dari compressor, anda bisa memasukan freon kedalam evaporator tersebut.
tapi cara ini membuang banyak freon bila timbul kebocoran lagi setelah evaporator di las.

setelah evaporator berisi tekanan oksigen ( 100 - 150 PSI ) lalu celupkan evaporator pada bak ember besar dan perhatikan bagian samping kiri dan kanan untuk melihat kebocorannya.
bila sudah anda temukan letak kebocorannya kemudian angkat evaporator dari bak ember dan buang oksigen yang berada dalam evaporator.
lalu anda bisa melakukan pengelasan pada bagian yang bocor dengan alat las yang anda miliki, atau anda bisa meminta bantuan jasa tukang las karbit yang ada disekitar rumah anda untuk melakukan pengelasannya.
lakukan pengelasan atau penebalan pada bagian samping kiri dan kanan agar evaporator menjadi lebih kuat dari tekanan freon.
setelah selesai melakukan pengelasan periksa kembali dengan cara mencelupkan pada bak ember yang berisi air dan berikan tekanan oksigen dan perhatikan pada bagian samping kiri dan kanan apa masih ada yang bocor?

jika sudah tidak ada kebocoran, pasang kembali evaporator pada indoor dan pasang kembali indoor unit pada barcket.
setelah nepel indoor dan kabel power untuk outdoor terpasang pada pipa instalasi, lakukan vakum dan isi freon kembali.
atau tambahkan freon bila dalam unit masih terdapat sisa freon.

Ingat : Matikan aliran listrik yang menuju ac split anda !!! bila anda mau mencoba apa yang saya tulis diatas.

Kindly Bookmark this Post using your favorite Bookmarking service:
Technorati Digg This Stumble Stumble Facebook Twitter

56 komentar:

edi on July 20, 2010 at 3:55 PM said...

gimana proses penambalannya mas?

James Priyono on July 20, 2010 at 8:47 PM said...

Bila anda tidak mempunyai alat pengelasan, sebaiknya anda bawa saja ketukang las.
tapi bila anda mempunyai alat tersebut anda dapat melakukannya sendiri.
pertama-tama panaskan lekukan U pada evaporator dengan alat las sampai warna pipa merah membara, lalu lapisi permukaan pipa U evaporator dengan perak/kawat las tembaga agar kebocoran tertutupi dengan leburan perak tersebut.

edi on July 21, 2010 at 4:05 PM said...

apakah tidak bertambah besar lubangnya mas jika dilas dengan kawat tembaga atau perak. kan bahan evaporator itu alumunium yg lumayan tipis.

James Priyono on July 21, 2010 at 8:15 PM said...

Bisa anda informasikan kepada saya ac split merk apa yg evaporatornya berbahan almunium?
evaporator ac split semuanya berbahan tembaga, kecuali evaporator pada ac mobil.
ketelitian dan kesabaran memang dibutuhkan dalam mengelas evaporator yg ketebalan tembaganya sangat tipis sekali.

edi on July 22, 2010 at 10:44 PM said...

he...he... mohon maaf mas. maksud saya evaporator kulkas yg terbuat dari alumunium. untuk nyambung dua jenis logam yg berbeda gimana cara ngelasnya mas? misalnya antara besi dan tembaga? terima kasih

James Priyono on July 22, 2010 at 11:23 PM said...

Bila ingin melakukan pengelasan antara besi dan tembaga anda bisa pergunakan borax yg anda dapat beli pada toko bangunan.
panaskan perak/kawat las setelah panas celupkan dalam borak.
lalu panaskan bahan yg akan dilas sampai merah membara lalu oleskan perak yg sudah tercampur dengan borak tersebut.
untuk teknik pengelasan antara almunium dan tembaga bisa anda lihat pada videos brazing.

edi on July 24, 2010 at 8:29 PM said...

terima kasih petunjuknya mas. smoga sukses selalu.

James Priyono on July 24, 2010 at 11:10 PM said...

Sama-sama, semoga anda memahami jawaban yg saya beri.
bila masih blm paham jangan malu untuk bertanya.

Yudi riyanto said...

Askum . . . Slm kenal. Maaf mas mohon bantuannya , tentang oli kompresor berapa ukurannya, dan gimana cara mengetahui cukup atau kurangnya oli pada kompresor kulkas saat kita mengisi oli , sekali lagi mohon bantuannya mas, terimakasih sebelumnya .

James Priyono on August 16, 2010 at 7:17 PM said...

Untuk mengetahui kurangnya olie dalam sebuah compressor berjenis Hermetic memang sangat sukar dideteksi, karena pada sebuah compressor berjenis hermetic piston dan rotary tidak ada petunjuk ataupun indikator lainnya.
biasanya compressor yang kekurangan olie akan berbunyi kasar suaranya dan cepat panas.
cara lain adalah dengan mengecek tekanan compressor bila pipa suction mengeluarkan asap berarti compressor kekurangan olie.
atau anda dapat lihat catalog compressor kulkas disini untuk mengetahui berapa takaran olie yang digunakan.
http://bengkelacdankulkas.blogspot.com/2009/04/az-model-standart-efficiency-range.html

Yudi riyanto said...

Terimakasih banyak mas priyono atas bantuannya. Ya saya ingin Cerita pada mas priyono , terus terang aja saya belajar hanya dengan bermodalkan hp , dan nekad karna memang di tempat saya belum ada jasa servis kulkas . Dan saya ini baru pemula , kiranya mas priyono tidak keberatan kalau saya jadikan tuntunan dan sekaligus guru buat saya, sekali maaf mas, saya minta penjelasan tentang : strainer yg bagus itu , yg berisi jel atau yg kosong , terus vakum yg benar lewat strainer atau lewat compresor ,trus saat isi freon yg benar lewat compresor atau lewat strainer . . . ? itu yg saya belum pahami, kiranya mas priyono tidak keberatan memberi penjelasan . . . ? Ya saya minta maaf bila tulisan saya ngak karuan . Sekali lagi mohon bantuannya . Terimakasih sebelumnya .

James Priyono on August 19, 2010 at 12:42 PM said...

Saya salut pada niat belajar anda walaupun hanya browsing lewat hp.
memang selayaknya jangan menyia-nyiakan waktu anda disaat usia anda masih produktif.
strainer yg kosong dan yg berisi silica gel sama bagusnya.
untuk pemakuman yg baik seharusnya anda pergunakan mesin vakum.
bila tidak punya, buatlah menggunakan compressor bekas ac atau kulkas.
tapi bila anda belum membuat mesin vakum, ya apa boleh buat lakukan vakum lewat strainer.
pemakuman dan pengisian freon yg baik adalah melalui pipa suction/hisap pada compressor.

Yudi riyanto said...

Terimakasih banyak mas priyono , atas petunjuk dan ilmu yg mas bagikan kepada saya, kiranya suatu saat nanti saya ada keluhan tentang kulkas mas priyono tidak keberatan memberikan petunjuk , sekali lagi saya ucapkan terimakasih banyak , sukses selalu buat mas priyono.

James Priyono on August 20, 2010 at 4:47 AM said...

Saya selalu siap untuk membantu anda.

Yudi riyanto said...

Permisi mas priyono, mohon pencerahannya . Ms ,gimana cara brasing/membersihkan evaptr yang kemasukan oli , seandainya pada kedua pipa kapiler yang terhubung ke kompresor di potong, lalu di tiup pake tiner apakah tidak terjadi gangguan atau pengendapan pada filter ? Mohon bantuannya ms, makasih banyak sebelumnya .

James Priyono on September 2, 2010 at 11:26 AM said...

Blazzing yg baik harus menggunakan R11, tapi bila anda mau menggunakan thiner ya boleh saja asalkan dlm sistem tidak ada yg tertinggal.
olie mengalir bersama freon dlm sistem, jika kembalinya olie ke compressor tidak normal berarti ada penyumbatan atau tekanan compressor yg sudah melemah.
untuk hasil yg baik lepaskan evaporatornya baru dilakukan blazzing.
dan untuk hasil yg baik, panaskan evaporator kulkas dengan api las saat melakukan pemakuman, agar air atau udara yg tertinggal dlm sistem dapat keluar.

Anonymous said...

Sekali lagi makasih banyak ms , atas bantuannya . Slm skss bwt ms priyono .

Yudi riyanto on September 20, 2010 at 7:22 PM said...

Permisi ms priyono, mohon bantuannya, ms gimana caranya untuk mengetahui compresor pada kulkas masih bagus atau tidak dengan menggunakan tang amper? Kalau masih bagus berapa watt ? Dan kalau yang sudah tidak layak pakai berapa watt? Terus saat mengukur compresor untuk mengetahui baik atau tidak , compresor di hidupkan ada beban/masih ada isi freon , atau kosong tanpa beban? Mohon pencerahannya . . . . . , terimakasih sebelumnya , mohon maaf apabila telah merepotkan ms priyono .

James Priyono on September 20, 2010 at 7:58 PM said...

Untuk memastikan sebuah compressor kulkas yg masih layak atau tidak adalah dengan memeriksa tekanan pada pipa tekan.
lepaskan compressor dari dudukannya dan beri pentil pada pipa tekan.
lalu pasang selang manifold tekanan tinggi dan jalankan compressor tersebut.
compressor kulkas yg baik harus mencapai 300 - 350 psi.
setelah mencapai tekanan 350 matikan arus ke compressor dan lihat apakah tekanan menurun atau tidak?
jika tekanan menurun berarti klep pipa hisap pada compressor sudah tidak rapat menutupnya atau mungkin bisa juga patah.
ini menandakan kalau compressor tersebut tidak layak untuk dipakai, kecuali bila tekanan tidak menurun berarti compressor siap pakai.
nilai ampere harus dibawah 1 ampere tapi tergantung brp pk compressor yang akan anda tes.

Yudi riyanto on September 25, 2010 at 6:48 PM said...

Permisi ms, mau tanya ? Begini ms , secara garis besar siklus cara kerja kulka kan : awalnya freon di pompa compresor menuju kondensor abis itu keluar lagi menuju katup expansi terus menuju evaporator dan kembali lagi ke compresor , begitu terus menerus , pertanyaan saya ? Strainer/filter terletak di antara apa dan apa . . . . ? Mohon pencerahannya ms. Sebelumnya sy ucapkan makasih .

James Priyono on September 25, 2010 at 8:43 PM said...

Pada lemari es, untuk menurunkan tekanan freon menggunakan pipa kapiler bukan kran expansi.
kran expansi digunakan pada ac mobil.
inilah urutan prinsip pendinginan :
1. Compressor
2. Condenser
3. Strainer atau saringan
4. Pipa kapiler atau kran expansi
5. Evaporator.

Dengan melihat prinsip pendinginan diatas, anda bisa tahu dimana pipa kapiler atau kran expansi harus diletakan.

Yudi riyanto on September 25, 2010 at 9:31 PM said...

Terimakasih ms atas semua penjelasannya, ya harap maklum kalau saya masih banyak kelirunya , karna masih tahap belajar. Sekali makasih .

Yudi riyanto on October 4, 2010 at 6:46 PM said...

Permisi ms priyono, sebelum dan sesudahnya saya selaku pribadi mengucapkan trimakasih manyak buat ms pri , yg mana selama ini sudah membantu memberikan masukan atas beberapa pertanyaan sy tentang panduan servis kulkas,untuk 2 hari ini sy sudah mempraktekkan walaupun masih terbengkalai dengan beberapa kendala , dan sy sendiri belum bisa memastikan hasilnya maksimal atau belum ,yg jelas sudah bisa dingin .sekali lagi terimakasih ms pri, berkat bantuan ms sy sudah dapat melakukan servis walau belum maksimal, o iya mas sy mau tanya? sewaktu kita melakukan penambahan oli compresor kalau seandainya kelebihan oli dapat berakibat fatal ngak terhadap sistem atau compresor itu sendiri? . . . Terimakasih.

James Priyono on October 4, 2010 at 10:06 PM said...

Untuk mas Yudi ada baiknya bila anda punya compressor kulkas bekas anda buka tutup tabung compressor bagian atasnya.
ini bertujuan untuk memahami dan mengerti cara kerja compressor tersebut.
cara pemotongan : pada tengah tabung compressor kulkas terdapat block shock, itu anda gergaji keliling dengan menggunakan gergaji besi.
setelah bagian atas tabung terbuka anda dapat melihat gulungan dinamo dan mekanik compressor.
dari apa yg apa anda perbuat diatas anda dpt mengerti brp banyak olie yg hrs digunakan.
bila anda tidak terlalu banyak menambahkannya tidak akan merusak compressor tersebut.

Yudi riyanto on October 6, 2010 at 1:16 PM said...

Makasih ms, o iya ms sy sudah coba perbaiki freezer duduk merek sharp 2 hari kemarin bagus sudah bisa beku , namun berjalan 3 hari langsung compresor mati,kondisinya panas sekali, langsung sy matikan sampe kondisi compresor dingin baru sy hidupkan lagi tapi tidak bisa hidup cuma ada getaran dan tidak mau mompa , kira2 kesalahannya atau kerusakannya di mana ms? . . . .saat pengisian freon sy vakum sesuai anjuran,setelah isi terus sy matikan jarum manifol tetap di angka 30. Ampernya 0,76 . Gitu mas mohon pencerahannya . . .

James Priyono on October 6, 2010 at 9:09 PM said...

kemungkinan freezer yg anda perbaiki mengalami kebuntuan pada evaporator.
coba buang dulu sedikit freonnya agar compressor dpt berputar.
tekanan freonnya waktu compressornya mati brp psi?

Yudi riyanto on October 7, 2010 at 7:06 AM said...

Saat pengisian freon posisi mesin hidup 20 psi , saat mesin sy matikan jarum 50 psi , itu dinginnya sudah bagus hanya berkisar -+ 30 menit freezer sudah penuh dengan salju namun compresor panasnya tinggi sekali , akhirnya saya coba dengan membuang freon sampe posisi manifol 30, namun mesin tetap panas,dingin freezer tetap bagus, filter posisi tidak mau hangat saat mesin hidup .lalu selang 3 hari mati tidak mau hidup, akhirnya sy mencoba melepas kompresornya mencoba menghidupkan tanpa beban namun tetap saja tidak mau hidup , cuma bergetar. Dan kebetulan sy punya kompresor bekas lalu sy ganti , kompresor yg aslinya merk samsung SD162H-L1U2 ,200- 220volt- 50HZ . 220volt-60HZ 9.9 RA . 1PH . Sy ganti dengan kompresor SB35C80GAXO 220volt~50/60HZ 1PH , setelah sy pasang lalu vakum dan isi freon posisi hidup jarum 15 psi , dan mesin mati 40 psi , freezer mau dingin tapi g mau beku ,kompresor suaranya berat saat mompa . Gitu ms . . . . Mohon pencerahannya. . . . . .

James Priyono on October 7, 2010 at 8:40 AM said...

Memang tidak mudah mas untuk mengisi sebuah lemari es dibandingkan dengan ac split.
lemari es rentan dengan kebuntuan pada pipa kapiler, karena inside diameternya yg begitu kecil dibandingkan dengan pipa kapiler pada ac split.
jika masih ada tersisa uap air atau udara didalam sistem maka sistem akan mengalami ganguan kebuntuan pada ujung pipa kapiler di evaporator.
maka tak heran banyak teknisi berputus asa dan tidak mau ambil order perbaikan lemari es.

untuk mengatasi kemacetan compressor, anda dapat pergunakan starting capasitor pada lilitan pembantu di compressor.
jika arus compressor normal, coba periksa overloadnya.
lebih bagus pergunakan pompa vakum sewaktu melakukan pemakuman dlm sistem.
dalam pengisian freon pada freezer, saya berpatokan pada rak evaporator terakhir sambil melihat arus compressor pada tang ampere.
pengisisian bisa bisa bervariasi kadang 20psi atau bisa juga lebih.
yg penting arus compressor pas atau dibawah ambang batas ampere maksimum.
untuk hasil maksimal dlm penggantian compressor, pipa kapiler dan strainer harus diganti dengan yg baru dan condensor harus bersih juga.
cara membersihkan condenser yg berada di dlm body lemari es/freezer, lepas pipa suction/hisap pada compressor.
lalu operasikan lemari es/freezer.
tekan dengan jempol anda pada pipa hisap yg dilepas tersebut.
tahan angin yg keluar lalu lepaskan.
lakukan berulang-ulang sampai angin yg keluar menjadi bersih.

ketelitian dan kesabaran memang dibutuhkan dalam pengisian freon pada lemari es/freezer.

edi on October 13, 2010 at 3:56 PM said...

apa kompressor macet(ampere tinggi pada saat di ON) bisa diperbaiki mas?

James Priyono on October 14, 2010 at 12:52 AM said...

Bila yg menyebabkan macet adalah mekaniknya tentu saja bisa diperbaiki.
pada jenis rotary kompresor biasanya yg menyebabkan macet adalah roller atau blade nya.
roller adalah piston yg berputar dan blade adalah pisau klep tekan dan hisap.
anda harus memotong bagian bawah mekanik kompresor untuk dapat melepas roller dan pisau klep.
cara ini terkendala dengan spare part roller dan pisau klep tersebut.
karena tidak ada yg menjual, solusinya anda harus ke bengkel bubut untuk membuat roller atau pisau klep tersebut.

pada jenis piston, biasanya yg membuat macet adalah dibagian pistonnya.

edi on October 15, 2010 at 4:10 PM said...

thanks mas. karena saya gk pernah belah kompressor dan tidak tahu apa sich isi dalamnya,mungkin bisa dikasih petunjuk sedikit kalo oli dan freon itu pada saat kulkas hidup, oli ikut bersikulasi atau hanya freonnya saja mas?terus ada gak jenis oli alternatif untuk menggantikan oli kompressor kulkas yg udah kotor?mitablent

James Priyono on October 15, 2010 at 7:22 PM said...

Disaat kulkas beroperasi, olie memang ikut bersikulasi tapi tidak semua olie ikut berputar didalam sistem bersama freon.
jenis olie yg dipakai banyak dijual pada toko spare part ac dan kulkas.
Olie kompresor adalah olie khusus yg bebas dari kelembaban dan tidak dapat menghantarkan arus listrik.

Anonymous said...

Permisi ms. . . . , mohon pencerahannya ,gini ms gimana caranya mengukur panjang pipa kapiler pada kulkas atau freezer kalau kita akan menggantinya dengan yang baru dan kita tidak perlu mengeluarkan yang lama ,Karna umumnya kulkas atau freezer jaman sekarang letak jalur kapiler ada di dalam bodi kulkas, . . .terimakasih sebelumnya .

James Priyono on October 21, 2010 at 9:45 AM said...

Caranya mudah saja, ukur dari bagian evaporator sampai bagian pipa kapiler yg keluar diatas kompresor dan tambahkan dengan sisa pipa kapiler yg digulung.
dlm sistem pendinginan blm ada rumus berapa meter yg harus digunakan pada suatu sistem yg akan dibuat.
mereka selalu mengadakan experimen terlebih dahulu.

Yudi riyanto said...

Permisi ms mau tanya tentang freon , freon itu sebenarnya berupa gas atau cairan? Masalahnya saya beli freon ukuran 5 kg setelah saya pake isi berulang2 kok beratnya tidak berkurang , yg berkurang cuma tekanananya . Terus saat isi posisi botol tutupnya tetap di atas atau di balik kebawah mas. Itu yg sy masih bingung karna kalau berupa gas , tapi sy goyang botol tersebut ada semacam cairan , apakan cairan yg ada dalam botol tersebut harus diisikan saat pengisian dengan cara di balik botolnya saat isi ? Mohon pencerahannya ms . Makasih sebelumnya.

James Priyono on October 23, 2010 at 5:48 PM said...

Untuk mas Yudi, Freon itu bisa berupa gas dan cairan.
bila anda membalikan tabung, yg keluar berupa cairan atau liquid.
tapi bila anda mengisi sistem kecil dengan tabung terbalik akan membuat rusak klep compressor kecuali bila disisi compressor terdapat akumulator baru anda boleh mengisinya dengan posisi tabung terbalik.
dalam teori mesin pendinginan untuk pengisian lemari es dan ac posisikan tabung tetap berdiri tegak dan jangan dibalik.
kecuali bila anda mengisi sistem pendingin besar seperti ac central dan refer container.

Yudi riyanto said...

Iya ms, saat ini sy sedang perbaiki freezer duduk yg biasa pake isi daging/ikan , sy sudah lakukan pengisian ampe -+ 6 kali , udah ganti compresor yg ke3 kalinya, saat sy vakum bagus, manifol tidak turun, vakum ampe -30psi. Namun saat sy isi untuk mencapai manifol 8 atau 10 susah banget g mau naik ,paling tinggi cuma bisa mencapai angka 1 itupun memakan waktu 5 - 6 jam kondisi mesin udah panas, tapi yg sy heran saat mesin di matikan manifol naik 30 keatas ,padahal sy lakukan blazsing berulang2 lalu sy tiup pake R134, namun belum berhasil mungkin ms ada solusinya ms . . . . ? Sebelum dan sesudahnya mohon maaf karna selama ini sy yg selalu banyak bertanya . . . . , makasih ms .

James Priyono on October 23, 2010 at 8:00 PM said...

letak permasalahannya adalah kebuntuan pada pipa kapiler.
memang agak susah untuk mengganti pipa kapiler pada freezer box.
coba anda lepas pipa hisap pada kompressor, setelah itu jalankan mesin apa ada angin keluar melalui pipa hisap yg dilepas tadi?
jika ada berarti yg menyebabkan kebuntuan adalah air.
solusinya saat anda vakum panaskan dinding evaporator pada freezer dengan api las keempat sisinya.
agar air yg berada dlm evaporator mengering.
setelah itu coba diisi freon jika masih terjadi kebuntuan berarti anda harus mencampur metil alcohol yaitu cairan anti kebuntuan pada pipa kapiler.
masukan metil alkohol pada selang manifold warna kuning 1 atau 2 tetes, setelah itu masukan selang pada kran freon dan isi sistem dengan freon yg bercampur metil tersebut.
bila cara ini tidak berhasil juga, terpaksa anda harus membuat evaporator pada dinding luar evaporator dengan pipa ukuran 3/8 atau ukuran 1/2, ini adalah cara terakhir untuk memperbaiki kebuntuan tersebut.

Yudi riyanto said...

Makasih ms priyono atas solusinya , sy akan mencobanya . Sekali lagi makasih.

Yudi riyanto said...

Permisi ms priyono, maaf sy baru sempat berkunjung lagi di blok mas, gini mas mau tanya tentang freon? Berat freon itu yang di ukur , beratnya atau tekanannya? Misalnya kita membeli freon 5 kg , untuk mengetahui berat freon tersebut yang kita ukur apanya mas. . . ? Berat jenis freon tersebut atau tekanannya . . . ? Mohon pencerahannya . . . , makasih sebelumnya.

jukri on November 3, 2010 at 11:00 AM said...

mas pri..mo nanya lagi..
1. knapa pentil pada ac 1/2 - 1 pk, ada di pipa 1/4 atau 3/8, jadi ga ada standarnya hrs di pipa mana githu lho mas..
2. manifol untuk cek kompresor sampai 500psi yg bagus pakai selangnya merk apa, klo yg biasa kan bisa bocor
3. knapa pada ac politron yg saya temui sering terjadi percikan air pd saat operasi, pdhal kondisi ac normal semua. terkadang juga ada tetesan air dr sambungan casing indoor
4. jika kita mengisi freon, katanya jgn dibalik tabungnya. trus yg masuk ke pentil pengisian itu angin atau gas freon ya mas..? terus bgmn klo kapasitas freon di dlm tabung tinggal sedikit, apa tetap atau dibalik..?
sebelumnya makasih mas atas infonya...

James Priyono on November 3, 2010 at 3:13 PM said...

Untuk mas Yudi, yg diukur adalah berat bersih freon yg ada didalam tabung freon tersebut dalam ukuran kilogram.

untuk Mas Jukri, pentil pengisian freon selalu berada pada pipa hisap agar freon yg diisi terlebih dahulu dipompa oleh kompresor sebelum masuk kedalam evaporator.
anda dapat pergunakan pipa ukuran 1/4 untuk pengetesan tekanan kompresor, tapi biasanya selang freon mampu menahan tekanan 500 PSI.
percikan air yg keluar dari indoor biasanya yg menggunakan evaporator berbentuk L, coba periksa kedudukan evaporatornya.
dan masalah dari sambungan casing indoor itu hasil dari kondensasi, perbaiki atau tebalkan pembungkus busa hamaflek nya.
pengisian freon dengan tabung terbalik adalah untuk memasukan komposisi freon sebenarnya.
tapi hanya untuk kompresor yg memiliki akumulator pada sisi kompresornya.

luck said...

Boz mo nanya nie,gmana cara memperbaiki ac yg sering overload dan apa penyebabnya ? trims

James Priyono on January 19, 2011 at 7:58 PM said...

Untuk Bung Luck, kompresor mengalami overload bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah :
1. Gulungan dinamo pada kompresor sudah tidak baik atau kompresor naik amper nya.
sehingga membutuhkan arus yang tinggi untuk dapat mengoperasikannya.
2. Kompresor kekurangan olie.
3. Bisa juga disebabkan karena overload pada kompresor rusak.
4. Sirkulasi freon pada sistem pendingin tidak lancar sehingga menyebabkan kompresor bekerja berat
5. Tegangan listrik untuk suplai ke kompresor terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Anonymous said...

ass,mas slm knl.saya mhn petunjuk masalah kulkas samsung yg ngk bs membekukan es batu,tp mesin kulkas hdp,bunga es ad mskpun cmn sedikit keluarnya,apakh mmng bgt sistem krj kulas mrk samsung?thank mas

James Priyono on March 4, 2011 at 7:31 PM said...

Waalaikum salam wr,wb.
bila yg keluar bunga es nya sedikit bisa jadi lemari es anda mengalami kebocoran freon.
biasanya kebocoran terjadi dibagian sambungan pipa ke kompresor, sambungan pipa di strainer atau saringan dan sambungan pipa ke bagian kondensor.
tanda-tanda kebocoran adalah adanya minyak atau olie kompresor disetiap sambungan pipa tersebut.

Anonymous said...

asalammualaikum, mas,
mau tanya mas di rumah freezer samsung kemarin ini habis di bersihkan dan setrum di cabut. pas di hidupkan kembali kompresor hidup dan dingin, tapi kurang lebih 10-15 menit kemudian kompresor mati sendiri, dan beberapa saat kemudian hidup lagi dan mati lagi begitu seterusnya (seperti temperatur sudah mencapai titiknya)
saya diamkan freezer itu selama 2 hari ini dengan listrik tetap tersambung, tapi tetap seperti kejadian di atas. kira2 kenapa ya mas, makasih sebelumnya.

James Priyono on March 13, 2011 at 1:06 AM said...

Walaikum salam wr.wb
Kemungkinan thermostat anda tergeser ke arah kiri.
coba anda lihat posisi thermostat yg berada pada samping kanan bagian freezer, bila posisinya dibagian angka 2 atau 3 naikan ke posisi angka 5 atau 7.

indra permana on October 21, 2011 at 7:24 AM said...

pak cara mencari kebocoran pada ac central bagaimana?tolong pak bagaimna cara penggunaan leak detektor?terima kasih

James Priyono on October 22, 2011 at 6:35 PM said...

Untuk Sdr Indra Permana.
Pencarian kebocoran pada ac split dan central sama saja, kebocoran bisa terjadi pada bagian evaporator dan kondenser atau disetiap sambungan pipa.
Leak detector adalah alat sensor untuk mencari kebocoran freon, cara memakainya dekatkan pada setiap bagian yg dicurigai mengalami kebocoran.
Bila menggunakan alat tersebut usahakan jgn merokok agar asap rokok tidak mempengaruhi kinerja alat tersebut.

Ilham Ari Yudanto on January 3, 2012 at 5:33 PM said...

asslmlkum..mas mau tanya knp ya outdoor ac suaranya berisik sekali, apa penyebabnya? Dan bagaimana cara mengatasinya? Terimakasih sebelumnya..

James Priyono on January 5, 2012 at 10:07 PM said...

Waalaikum salam, Outdoor unit mengeluarkan suara berisik biasanya dari getaran pipa yang mengenai body outdoor.
suara berisik juga bisa ditimbulkan dari suara kompresor atau karet kaki dudukan kompresor sudah aus.
periksa juga bearing fan motor outdoor, bila bearing rusak maka fan motor outdoor akan mengeluarkan suara berisik juga.

Unknown on February 10, 2012 at 10:39 PM said...

Mas.. apa ada akibatnya bila pada waktu kita nyuci pipa dg R11 lalu secara tidak sengaja R11 itu masuk ke kompresor , apa akan berakibat jebol kompresor itu mas ..
terima kasih

James Priyono on February 11, 2012 at 6:43 PM said...

Biasanya akan terjadi penyumbatan di evaporator bila R11 masih tertinggal pada sistem.
bila penyumbatan terus terjadi, bisa saja merusak kompresor.

Anonymous said...

mas, pernah gak ngalami ada kebocoran di evap ditandai dengan adanya rembesan oli. tetapi ketika diperiksa dengan tekanan tinggi pun gak ada kebocoran ketika direndam. cara dan solusinya gimana ya,mas?

James Priyono on May 26, 2014 at 11:56 PM said...

Bila ada rembesan olie berarti ada kebocoran.
cara untuk mencari kebocoran tersebut panasi semua lekuk evaporator dengan api las.

 

| Bengkel ac dan kulkas © 2014. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Design by Brian Gardner | Back To Top |