Cara pemasangan ac split















Cara pemasangan ac split dapat anda lakukan bila tool/alat-alat kerja sudah anda miliki, seperti:
- kunci-kunci perkakas contoh obeng kembang, palu, kunci inggris dsb.
- flare nut yaitu sebuah alat untuk mengembangkan ujung pipa ac split.
- pemotong pipa, yang berfungsi untuk memotong pipa ac ac split.
- bor listrik.
- manifold.
- freon/regrigerant.

pemasangan ac split yang baru biasanya dilakukan oleh teknisi dari toko ac yang anda beli, tapi bila anda sudah menpunyai teknisi atau ingin pasang sendiri anda bisa membeli unit ac nya saja.
pertama-tama yang harus dilakukan dalam pemasangan ac split adalah melihat posisi dimana ac split akan dipasang dan kemana jalur pipa instalasi ac split harus ditempatkan, diatas plafon, ditanam didalam tembok atau melubangi tembok dengan cara memboboknya dengan sebuah pahat.

setelah menentukan posisi ac split yang cocok, buka dus yg berisi indoor unit yang didalamnya terdapat indoor unit, bracket indoor, kabel power supply untuk ke outdoor unit dan remote control.
dibelakang indoor unit terdapat bracket yang harus anda lepaskan, lalu pasang pada dinding dengan posisi yamg anda inginkan.

memasang bracket indoor dapat anda lakukan dengan memakunya dengan paku beton atau mengebornya bila ingin menggunakan fisher, posisikan bracket indoor dengan waterpas agar tidak miring kekanan dan kekiri agar air yang keluar dari indoor unit dapat dengan lancar keluarnya.

setelah bracket indoor terpasang, pada bagian mana drat nepel dari pipa indoor unit akan diposisikan?

bila pada bagian kanan bawah dari bracket indoor, anda harus membuat lubang atau membobok temboknya yang diameter bobokannya sesuai dengan selang pembuangan air dan pipa ac yang keluar dari indoor unit.
bila anda tidak ingin membobok tembok anda dapat mengeluarkan drat nepel yang keluar dari indoor melalui sisi kanan atau kiri dari indoor yang sudah disediakan.

setelah bracket indoor terpasang dan bobokannya sudah siap, pasang indoor unit pada bracket dan posisikan drat nepel keluar dari indoor unit pada lubang bobokan tembok.
setelah indoor terpasang pada bracket, dorong keatas dan tarik kebawah agar indoor terkunci dengan bracket.


biasanya bila anda membeli ac split yang merknya bukan changhong, anda tidak akan
mendapatkan pipa ac split dan bracket outdoornya.
jadi anda harus membeli pipa ac split, tergantung berapa meter yang anda butuhkan untuk pemasangan ac split nya dan membeli bracket outdoor bila posisi untuk outdoor unit harus diletakan dibawah plafon atau digantung pada dinding tembok.

setelah pemasangan indoor telah selesai dilakukan, beralih ketahap pemasangan pipa instalasi ac split.
pipa instalasi ac split ini terbuat dari tembaga yang lentur dan mudah dibentuk dalam pelaksanaan pemasangannya.
tapi hati-hati jangan sampai ada instalasi pipa ac split yang tertekuk atau penyok, karena dapat menghambat sirkulasi freon yang dapat menyebabkan ac split tidak mau dingin atau bekerja dengan normal.

instalasi pipa ac split harus disesuaikan dengan kapasitas ac/pk nya, bila ac split anda 1 pk 0,75 pk atau 0,50 pk berarti harus menggunakan pipa instalasi ac split yang berukuran 1/4 dan 3/8.
semakin besar kapasitas ac split, semakin besar pula ukuran instalasi pipa ac split yang digunakan.

buka 2 buah mur nepel yang berada pada pipa di indoor unit dengan menggunakan 2 buah kunci inggris.
jangan kaget bila ada angin yang keluar saat anda melepaskan 2 buah nepel tersebut, yang keluar itu bukan freon tapi hanya angin
.
setelah 2 buah nepel pada indoor unit anda lepaskan, masukan nepel 3/8 pada pipa instalasi ac split yang berukuran 3/8 lalu lihat pada ujung pipa instalasi ac split, apakah pada diameter pipanya terpotong dengan rata? bila tidak rata lakukan pemotongan dengan pemotong pipa.

setelah pipa ac split terpotong dengan rata, masukan pipa instalasi ac split pada lubang penjepit flare nut yang berukuran sama dengan pipa ac split yang akan kita flareng, ketinggian pipa yang keluar pada ujung bibir flareng kira-kira 0.2 cm.

setelah pipa instalasi ac berada tepat pada lubang penjepit flareng, pasang pemutar flareng dengan mata flareng yang berbentuk kerucut pada penjepit flareng, lalu putar sampai mengenai pipa instalasi ac split agar bisa mengembang.
lakukan hal yang sama pada pipa instalasi ac split yang berukuran 1/4
.



setelah selesai melakukan pengembangan pada pipa instalasi ac split dengan flareng, pasang pipa instalasi ac split yang sudah dipasang nepel ke drat nepel pipa ac split yang keluar dari indoor unit dan sesuaikan.
ukuran pipa instalasi ac split 3/8 ke 3/8 pada drat nepel indoor unit dan ukuran pipa instalasi ac split 1/4 ke 1/4 pada drat nepel indoor unit.


kencangkan mur nepel kedua-duanya dengan menggunakan 2 buah kunci inggris agar tidak terjadi ruang kebocoran freon.


setelah dikencangkan mur nepelnya tutup dengan pembungkus pipa/hamaflex, kemudian lilitkan solasi untuk merapatkan pembungkus pipa agar tidak terjadi kondensasi.
setelah selesai melakukan pemasangan nepel pipa instalasi ac split pada drat nepel indoor unit, atur posisi instalasi pipa ac split agar kelihatan rapih.


selanjutnya pemasangan kabel power untuk supply listrik kebagian outdoor unit.

buka tutup indoor unit, kemudian lihat pada bagian komponen pcb yang terdapat terminal untuk pemasangan kabel power ke bagian outdoor unit biasanya disitu tertulis 1 dan 2 dan N L.
untuk kabelnya pergunakan sesuai ukuran pk ac split nya biasanya standart dari pabrik adalah ukuran 3 X 2.5 untuk ukuran ac split 1 p
k.

masukan kabel untuk power outdoor unit melalui lubang bobokan pipa ac dan pasang kabel pada terminal yg berada dibagian bawah komponen pcb, kabel warna hitam pada terminal no 1, kabel warna biru pada terminal no 2, dan kabel warna kuning pada ground, kencangkan dengan menggunakan obeng kembang.

setelah selesai melakukan pemasangan kabel power untuk outdoor unit, kita ketahap pemasangan instalasi pipa ac split pada outdoor unit.
yang harus dilakukan pada tahap ini sama dengan apa yang dilakukan pada tahap pemasangan instalasi pipa ac split pada indoor unit.

untuk pemasangan kabel power outdoor unit, buka tutup power suplly outdoor unit yang berada diatas kran valve.
setelah selesai melakukan pemasangan instalasi pipa ac split dan pemasangan kabel power supply untuk outdoor unit, tahap berikutnya adalah pengecekan kebocoran diantara 4 buah kembang nepel yang baru kita buat, yaitu 2 kembang nepel pada indoor dan 2 kembang nepel pada outdoor.


caranya adalah sebagai berikut :
pasang selang manifold berwarna biru pada pentil pengisian freon, lalu pasang selang berwarna kuning pada mesin vakum.
lalu lakukan pemakuman agar tidak terdapat udara didalam evaporator dan pipa instalasi ac split.


vakum yang baik harus mencapai 30', bila telah selesai divakum jarum pada manifold bergerak keatas, berarti ada ruang kebocoran freon
.
lakukan pemeriksaan kebocoran dengan kuas yang diberi air sabun pada kembang nepel yang berada pada indoor unit dan outdoor unit.

biasanya ruang kebocoran terjadi karena kembang nepel pecah dan mur nepel kendor/tidak dikencangkan, lakukan flereng ulang pada kembang nepel yang pecah atau kencangkan kembali mur nepel yang kendor.

bila jarum pada manifold tidak bergerak atau tetap pada angka 30' berarti tidak terdapat ruang kebocoran, lalu buka mur penutup kran nepel 1/4 dan yg 3/8 dengan menggunakan kunci L , buka sampai kedua kran nepel terbuka penuh.
bila sudah membuka kran nepel tahap selanjutnya adalah menyambungkan aliran listrik pada kabel power supply yang berada pada indoor unit.

ingat...kabel power suply yang berwarna coklat harus diposisi - atau api , agar sewaktu ac split tidak dioperasikan, dibagian outdoor unit tidak tersambung langsung dengan aliran listrik.
setelah penyambungan power suplly selesai, ac split siap untuk dioperasikan.

bila anda tidak mempunyai mesin vakum, pasang selang manifold berwarna biru pada pentil pengisian freon dan pasang selang yang berwarna kuning pada tabung freon.
buka mur nepel ukuran 1/4 pada outdoor unit lalu masukan tekanan freon agar freon dapat mendorong udara keluar melalui mur nepel 1/4 pada outdoor unit.
pada saat freon keluar, kencangkan kembali mur nepel 1/4 dan masukan tekanan freon kembali sampai mencapai 100 psi.

lihat dan perhatikan, bila jarum manifold turun dan tidak lagi menunjukan angka 100 psi, berarti ada ruang kebocoran pada 4 buah kembang nepel yang anda buat.
cari ruang kebocoran dengan menggunakan kuas yang diberi air sabun bila sudah menemukan ruang kebocoran segera diperbaiki.

tapi bila jarum pada manifold tetap menunjukan angka 100 psi, berarti instalasi pipa ac split tidak terdapat ruang kebocoran.
segera buang sisa tekanan freon yang berada pada instalasi pipa ac split, tapi jangan buang semuanya sisakan sampai 5-10 psi.

setelah itu buka mur penutup kran nepel 1/4 dan 3/8 lalu buka kedua kran valve dengan menggunakan kunci L sampai terbuka penuh dan pasang kembali mur penutup kran valve dengan kencang.

bila sudah membuka kran nepel, tahap selanjutnya adalah penyambungan aliran listrik pada kabel power supply yang berada di indoor unit.
dan bila sudah melakukan penyambungan listrik pada kabel power supply yang berada pada indoor unit barulah ac split anda telah siap untuk dioperasikan.

Comments :

28 komentar to “Cara pemasangan ac split”
Q kreatif said...
on 

trimakasi bos infonya...
biasa no telpon buat konsling... bos

sunardi said...
on 

3nard1mas sy mau tanya apa bisa kompresor ac split atau kulkas dijadikan kompresor udara utk air brush, praktek dokter gigi dll. Karena ac kulkas lebih hemat energi dibanding kompresor yg sdh ada di pasaran. Tolong pencerahannya, kalo ada dgn skemanya sekalian dan apa saja yg hrs disediakan (alat & bahan). Termikasih sebelumnya

lelebakar said...
on 

sip keterangannya jelas banget saya jadi tahu nih...

Anonymous said...
on 

Thanks atas infonya..
Cuma.....saya mau nanya nih mas.
Ada tukang service ac yang bilang kalo untuk pemasangan ac baru, unit outdoornya perlu di-vacuum dulu biar tahan lama.
Bener nggak tuh mas?
Terima kasih.
bX-vx1csk

Priyono said...
on 

untuk komentar no 1 dan 2 sudah saya beri jawabanya lewat email.
dalam pemasangan ac split baru instalasi pipa dan indoor unitnya memang harus divakum terlebih dahulu.
agar udara tidak masuk kedalam instalasi pipa dan indoor unitnya.
bila tidak divakum udara nantinya akan bercampur dengan olie compressor yang menimbulkan endapan kotoran pada mekanik compressor yang nantinya mengganggu proses kerja dari mekanik comressor.

Anonymous said...
on 

Mas priyono, mau tanya, cara sambung kabel ac ke kabel listrik kalau di atas plafon rumah gimana caranya? soalnya banyak sekali kabel listrik yg tersebar dimana-mana, harus disambung ke kabel yg mana mas? terima kasih

James Priyono said...
on 

Kalau mau sambung power supply lewat atas plafon, cari kabel diatas plafon yg menuju stop kontak.
sambung kabel power ac secara paralel dengan stop kontak tersebut.
tapi lebih bagus anda tarik kabel baru dari box mcb.
ingat matikan lisrik sewaktu melakukan penyambungan kabel power supply ac, bila anda pemula dalam hal ini.

Joko said...
on 

Mas priyono, saya kurang paham cara tarik kabel baru dari box mcb, bisa dijelaskan lebih rincinya mas?
Mas, kenapa terkadang MCB meteran PLN jegleg tp sekring MCB dalam rumah tidak jegleg, dan terkadang MCB dalam rumah jegleg salah satu, tetapi MCB meteran PLN tidak jegleg?
Terima kasih sebelumnya.

James Priyono said...
on 

Untuk Mas Joko.
cara penarikan kabel power supply ac lewat mcb adalah memisahkan line power supply ac tersebut dengan instalasi yg lain.
jadi jika ac mengalami korseleting hanya mcb ac saja yg turun/trip.
bila yg turun mcb di box pembagian, berarti nilai amper mcb tersebut tidak sesuai dengan power supply ac, jadi nilai amper atau arusnya harus dinaikan.

Joko said...
on 

Mas, bisa tolong digambarkan dalam bentuk diagram cara tarik kabel baru lewat box mcb? thanks.

James Priyono said...
on 

Untuk mas Joko.
untuk memulai tarik kabel yg hrs anda siapkan adalah:
1. kabel listrik u 3 x 2.5 untuk ukuran ac 1 pk, atau ukuran 3 x 1.5 untuk ukuran ac 0.5 pk.
2. MCB ukuran 6 Amper bila daya listrik 1300 watt, MCB 10 Amper bila daya listrik 2200 watt.
cara pemasangan :
turunkan atau matikan mcb pada meter listrik terlebih dahulu.
lalu pasang mcb pada box pembagian, liat contoh yg sudah ada pada box mcb tersebut.
kemudian kupas kabel yg berisi 3, yg hitam pasangkan pada poaitif atau nol di terminal box mcb, kemudian kabel warna biru pasangkan pada terminal atas mcb yg telah anda pasang.
kencangkan baut pada mcb, jangan sampai kendor.
lalu kabel kuning buat arde atau ground, sambungkan dengan terminal bagian ground.
setelah penyambungan dibagian mcb selesai, beralih penyambungan ke kabel power yg berada pada indoor unit.
kabel hitam sambungkan pada kabel biru, kabel biru sambungkan pada kabel warna coklat dan kabel warna kuning sambungkan pada kabel warna hijau.
bungkus hasil penyambungan dengan solasi.
setelah selesai, naikan mcb pada meter listrik dan naikan mcb ac pada box pembagian.
lalu ac siap dioperasikan.

Joko said...
on 

terima kasih banyak mas atas penjelasannya. mas, nomor utk menghubungi PLN biasanya berapa?

James Priyono said...
on 

coba tanya pada telp 021-108

Joko said...
on 

Mas bagaimana cara pasang penangkal petir, mungkin anda tau? maaf bila keluar dari topik AC.

James Priyono said...
on 

Saya blm pernah pasang tuh mas Joko.
cuma bila melihat bahan materialnya sama seperti pemasangan antena tv,
bedanya kabel yg digunakan harus kabel tembaga ukuran besar yg tidak ada isolatornya dan ujung dari kabel tersebut dipasangkan pada batangan tembaga yg sudah tertanam ditanah.

Joko said...
on 

Utk mas james,
Kalau GPAS/ELCB itu fungsinya apa?

James Priyono said...
on 

ELCB atau MCB berfungsi sebagai pelindung atau sebagai sikring bila arus ac atau arus bolak-balik mengalami korsleting.

Anonymous said...
on 

Mas kenapa kalau pasang ac inverter harus pakai kabel isi 3 ?

James Priyono said...
on 

Pada ac inverter dan ac Daikin, penggunaan kabel ke unit outdoor memang harus kabel isi tiga.
karena unit indoor dan outdoor memerlukan power supply, jadi 2 kabel untuk power supply dan satu kabelnya untuk mengontak contactor untuk menjalankan kompresor yg mendapat power dari unit indoor.

Anonymous said...
on 

Mas, postingkan ttg ac inverter dong, sekalian wiring diagramnya.

Anonymous said...
on 

Pak, saya punya ac unit changhong, beli seken. beberapa bulan kemudian baru saya mau pasang. saat di tes oleh tukang ac, katanya compresornya rusak contact body, unit outdorrnya nyeturm. saat dites, nyal terus mati kemudian nyala lagi. apakah masi bisa di perbaiki pak, jika memang rusak apakah bisa saya ganti compresornya dengan merek lain yang sama PKnya sama atau lebih besar. mohon saranya pak.

James Priyono said...
on 

Kompresor yg sudah kontak body harus diganti dengan yg baru, anda bisa beli dengan kompresor merk apa saja yg penting kapasitas pendinginannya (pk) sama.
bila membeli ac second yg sudah terlepas dari pemasangan haruslah jeli dlm menganalisa tekanan kompresor, gulungan kompresor, kebocoran pada evaporator, kondenser dan pcb indoor unit.

Anonymous said...
on 

Terima kasih mas atas jawabannya, oh iya waktu saya tanya ke toko komponen ac, ada 2 jenis kompresor, Rotary dan couplan (piston). dan ada yang bilang kalau pakai yang Rotary mudah rusak bener gak ya mas, kira-kira ongkos pasang kompresor dan sekalian pasang acnya bisa habis berapa. takutnya gak jauh beda sama beli baru.

Terima kasih mas.

James Priyono said...
on 

Untuk kompresor ac split menggunakan jenis rotary, memang ada yg memakai jenis piston, tapi itu untuk unit yg berkapasitas pendinginan besar.
untuk biaya pemasangan kompresor baru berikut isi freon adalah setengah dari harga ac split yg baru.
tapi tergantung dari segi merk kompresor yg digunakan.

ari 021-93363826 said...
on 

Pak Priyono, saya ga punya vakum. Saat instalasi pertama, kalau mau isi freon bgmn caranya?
Saat service, pengisian freon bgmn caranya, supaya udara yg terjebak dalam pipa bisa digantikan dengan freon?
Trims pak.
Minta no hp nya Pak.

James Priyono said...
on 

Untuk Sdr Ari.
Yang ingin anda pasang, ac baru atau ac bekas?
no hp saya 0811874193

Anonymous said...
on 

mas gmna caranya mesin kulkas djadikan untk k├Âmpresor airbrush...trus alat-alat ap sj yg dperlukan,mohon infonya. . makasih

James Priyono said...
on 

Alat-alat yang diperlukan adalah
1. kompresor kulkas bekas atau yang baru.
2. Tabung Freon untuk penampung tekanan udara dari kompresor kulkas tersebut.
3. Pentil pengisian freon, dilas atau dipasangkan pada tabung freon.
pada waktu pengelasan kosongkan terlebih dahulu freon yang tersisa pada tabung freon tersebut.

Kompresor pada bagian pipa tekan dipasangkan pentil pengisian freon untuk dihubungkan dengan pentil yang di las ditabung freon.
kran pada tabung freon dihubungkan dengan spray gun.
anda juga bisa menambahkan alat otomatic pressure agar bisa disetting tekanan udara yang masuk kedalam tabung freon, jika tekanan sudah cukup maka kompresor akan berhenti beroperasi.