Monday, November 3, 2008

Lemari es bersistem No-Frost



Lemari es dua pintu atau lebih telah menggunakan sistem No-Frost atau tidak berbunga es.
berbeda dengan lemari es satu pintu yang tidak menggunakan sistem No-Frost atau tidak berbunga es, jadi bila kita ingin mengambil es batu pada bagian freezernya terasa begitu sulit, karena freezer telah dipenuhi dengan bunga es yang begitu tebal.

cara kerja sistem No-Frost adalah mencairkan bunga es yang telah menebal pada evaporator yang telah didinginkan oleh Kompresor selama tujuh jam.
setelah tujuh jam Kompresor mendinginkan lemari es, bimetal dalam defrost timer berpindah keposisi Defrost yang menghubungkan pada Heater/pemanas, Defrost thermostat dan Fuse selama lebih kurang lima belas menit.
dibawah ini gambar evaporator lemari es dua pintu yang tidak bisa melakukan proses defrost.



- Heater pemanas berfungsi untuk mencairkan bunga es yang menebal pada evaporator.
- Defrost Thermostat berfungsi sebagai relay yang dapat meneruskan arus listrik pada heater (pada suhu yang terendah, bimetal dalam defrost thermostat akan menutup atau menyambungkan arus listrik pada heater)
- Fuse berfungsi sebagai pengaman, jika Defrost thermostat mengalami kerusakan karena bimetal didalamnya tidak dapat membuka dan defrost timer juga mengalami kerusakan atau tidak dapat memindahkan contact pada Kompresor, maka heater/pemanas akan bekerja secara terus-menerus.
untuk mencegahnya hal tersebut maka Fuse akan memutuskan aliran listrik yang mengalir pada heater agar heater tidak melelehkan lemari es anda.
kerusakan yang terjadi pada sistem No-Frost adalah ditandai dengan adanya bunga es pada bagian freezernya atau dibagian pintu bawah lemari es tidak mengeluarkan udara dingin.

untuk mengetahui kerusakan pada sistem No-Frost adalah:
-check defrost timer, apa dapat berpindah contact dari Kompresor ke heater?
Defrost timer adalah sebuah alat atau Saklar yang berfungsi untuk memindahkan aliran listrik pada Kompresor dan heater.
didalam Defrost Timer terdapat gulungan motor yang berfungsi untuk memutar roda-roda gigi yang saling bersusun agar dalam waktu hitungan tujuh jam contact bimetal berada pada contact compressor.
setelah tujuh jam mengaliri arus listrik ke kompresor lalu berpindah pada contact heater selama lebih kurang lima belas menit, lalu kembali lagi pada contact Kompresor, begitulah terus menerus selama lemari es dioperasikan.

-check defrost thermostat, apakah dibawah suhu terendah bimetalnya dapat menutup/dapat mengalirkan arus listrik?
-check fuse, apa ada tahanan/ohm ketika diukur dengan multitester?
fuse dalam suhu rendah atau tinggi tetap ada tahanan/ohm.
-check heater pemanas dengan multi tester.
heater pemanas bentuknya ada yg mengikuti jalur evaporator dan satu lagi berbentuk tabung panjang dengan dua buah kabel di sisi kanan dan kirinya.

cara penanganan sementara kerusakan sistem defrost adalah cabut steker lemari es anda selama beberapa jam, agar es yang menutupi evaporator segera mencair.
setelah itu operasionalkan kembali lemari es anda.
ingat cara diatas hanya penanganan pertama saja, evaporator lemari es 2 pintu anda akan kembali dipenuhi bunga es jika dibagian sistem Defrost ada komponen yang mengalami kerusakan dan anda belum mengganti atau memperbaiki komponen Defrost yang mengalami kerusakan tersebut.

Kindly Bookmark this Post using your favorite Bookmarking service:
Technorati Digg This Stumble Stumble Facebook Twitter

127 komentar:

Hariyanto said...

mas pri, bagaimana cara kerja relay dalam compresor kulkas?

James Priyono on June 25, 2010 at 5:34 AM said...

Cara kerja current relay dalam compressor kulkas adalah ketika start motor pertama atau starting torque pada compressor membutuhkan daya listrik yg besar.
karena beban daya listrik tersebut membuat lilitan pada relay menjadi medan magnet karena induksi. sehingga batang kern pada relay tertarik atau terdorong keatas untuk menghubungkan lilitan pembantu dalam beberapa detik agar compressor dapat beroperasi.
jadi intinya pada compressor terdapat lilitan utama dan lilitan pembantu.
agar compressor dapat start, 2 terminal lilitan pembantu pada compressor harus dihubungkan dalam beberapa detik dengan bantuan relay.
setelah compressor sudah beroperasi, lilitan pembantu yg tadinya terhubung secara otomatis akan terlepas karena induksi magnet pada lilitan relay telah hilang.

Hariyanto said...

terima kasih sebelum dan sesudahnya mas pri..akan saya baca pelan2 penjelasannya bier bisa dimengerti..saya mau tanya lg mas pri, apa yg dimaksud dengan 3phase? trims.

James Priyono on June 30, 2010 at 8:18 PM said...

3phase itu aliran listrik untuk industri dan rumah mewah.
susunannya adalah R S T dan 0 atau 3 strum dan satunya adalah 0.
aliran listrik tiga phase dibutuhkan untuk menjalankan mesin pendingin berkapasitas besar, contohnya ac central dan refer container.

hariyanto said...

mas pri, brapa tekanan yg normal utk kompresor kulkas? utk ac sekitar 70 psi bukan? bagaimana cara utk menentukan brapa nilai hp(horse power) suatu kompresor kulkas? trims

James Priyono on July 8, 2010 at 2:07 AM said...

Tekanan freon untuk kulkas 15 - 20psi
kalau untuk ac teorinya adalah 75psi
cuma pada prakteknya bisa saja bervariasi dari 50 - 75psi.
cara mencari Horse Power
1 PK = 746 Watt
(Volts x amps x motor efisiensi x faktor daya x 1,73) dibagi dengan 746

hariyanto said...

utk motor efisiensi dan faktor daya lihat dimana mas? mnrt mas saya bisa belajar ttg ac ngak? utk teori saja saya masi banyak yg belum ngerti. terima kasih kpd mas pri yg udah bersedia menjawab pertanyaan saya

James Priyono on July 17, 2010 at 8:43 PM said...

Inilah yg sangat sulit saya jawab, motor efesiensi dan faktor daya hanya dapat anda tanyakan pada pabrik pembuat compressor tersebut.

hariyanto said...

oh begitu ya mas. Trims mas pri. GBU

Kasran on August 23, 2010 at 4:46 PM said...

Pak Mas Pri..
Gimana cara pengecekan (baik/rusak) defrost timer, defrost thermostat, dan heater... Oya kalau ada tampilkan juga gambar/foto komponen-komponen tersebut. trims....

James Priyono on August 24, 2010 at 9:17 PM said...

Pengecekan defrost timer harus anda cari dulu terminal power source nya.
misalkan setrum masuknya pada terminal no 1 dan 3 lalu anda putar searah jarum jam sampai bimetal berpindah pada jalur terminal untuk heater.
bila dlm 15 menit defrost timer berbunyi atau menyambungkan kembali pada jalur ke compressor, lalu anda putar lagi mendekati perpindahan ke jalur heater.
bila bimetal dapat berpindah ke jalur terminal heater berarti kondisi defrost timer dlm keadaan baik.

untuk pengecekan defrost thermostat dan heater harus menggunakan multitester dan cara-cara pengecekan sudah pernah saya posting.

bondcel on September 1, 2010 at 7:59 AM said...

Om James mau tanya , kalau heater kulkas no frost yang model pipa diganti dengan yang model tabung bisa nggak? terus bagaimana caranya ya?? trims Om

James Priyono on September 2, 2010 at 12:23 AM said...

heater pemanas yg menyatu dengan evaporator dapat diganti dengan heater model tabung kaca.
caranya putuskan kedua kabel yg berada pada heater yg menempel pada evaporator, lalu sambungkan pada heater tabung kaca.
penempatan heater tabung harus dibagian paling bawah dari evaporator.
ikatkan dengan kawat agar heater tabung menempel pada bagian paling bawah evaporator.
hati-hati mengangkat keatas evaporatornya saat akan menempatkan heater tabung tersebut agar pipa evaporator tidak penyok atau patah dan isolasi sambungan pada kabel heater harus baik.

hariyanto said...

Mas Pri, selamat hari raya idul fitri buat mas dan keluarga. Juga buat para blogger lainnya. Semoga dilimpahi Tuhan berupa kesehatan,rejeki,dan kedamaian.

hariyanto said...

oh ya mas, utk listrik 3phase, seperti yg mas blg setrumnya ada 3 dan 0. Masing masing setrum tsb brapa voltasenya, apa 220volt ? Jd ditotal 660volt? Begitukah?

James Priyono on September 10, 2010 at 2:25 AM said...

Mohon maaf lahir dan bathin juga buat anda.
listrik 3 phase tegangannya adalah 380 volt urutan RST dan 0
R Bila diukur teganngannya dengan S dan T akan menghasilkan 380 volt
Tapi bila ketigannya dihubungkan dengan 0 akan menghasilkan tegangan 220 volt.

hariyanto said...

mas, oli kompresor harus diganti ngak seperti pd oli mesin kendaraan bermotor? kalau iya, gimana cara buat ngisi ke kompersornya? dan dipakai oli apa?

James Priyono on September 16, 2010 at 9:26 PM said...

Olie compressor tidak perlu diganti karena didalam compressor tidak ada proses pembakaran seperti pada mesin kendaraan bermotor.
penambahan olie compressor dilakukan jika kebocoran pada sambungan pipa pada sistem terjadi dan mengeluarkan banyak olie.
untuk olie compressor yg ada dipasaran adalah merk suniso, dan anda dapat membelinya dengan ukuran per liter pada toko spare part ac dan kulkas.

hariyanto said...

oh begitu mas,, but utk ngisi oli bila bocor lewat mana mas, apa bisa lewat pentil pipa hisap seperti waktu ngisi freon? n max diisi berapa liter?

James Priyono on September 18, 2010 at 7:13 PM said...

Untuk mengisi olie pada compressor anda dapat memasukannya melalui pipa hisap.
semakin besar kapasitas pendinginan pada compressor, semakin banyak olie yg dibutuhkan.
tapi untuk unit small compressor seperti kulkas dan ac split anda dapat melihat pada katalog compressor berapa banyak olie yg harus dibutuhkan.

hariyanto said...

mas, apa yg akan terjadi bila kompresor kurang oli n tidak diisi?

James Priyono on September 19, 2010 at 12:27 AM said...

Bila compressor kekurangan olie suhunya akan naik dan akan menimbulkan overload bekerja bila suhu compressor melebihi ambang batas, bila dibiarkan tentunya akan mengakibatkan kerusakan mekanik compressor atau gulungan motor compressornya.

hariyanto said...

gimana cara mendeteksi kalau suatu kompresor yg kurang olinya mas?

James Priyono on September 28, 2010 at 11:58 PM said...

Biasanya compressor berbunyi kasar tidak halus dan ampere compressor akan cepat naik.

Bim's Blog on October 15, 2010 at 1:58 AM said...

Salam kenal mas Pri, apakah mengganti heater bisa dikerjakan sendiri?, mengingat Kulkas saya pintu dua Nasional dan heater terletak dibawah evaporator. Kondisi heater pecah dan kumparan sudah menembus pengaman bawah. terima kasih

James Priyono on October 15, 2010 at 9:07 AM said...

Anda tentunya bisa mengganti sendiri heater yg rusak tersebut.
cuma saya sarankan berhati-hati, karena mengangkat evaporator lemari es 2 pintu bisa mengakibatkan pipa penyok.
caranya adalah buka semua ikatan kabel pada evaporator, lalu buka 2 baut penahan evaporator.
setelah itu angkat dari bawah evaporator dengan 2 tangan anda.
perhatikan pipa atas sambungan evaporator jangan sampai penyok.

budi said...

mas pri, gimana cara menjalankan kompresor kulkas yg masih 110volt, ada wiring diagramnya? trims

James Priyono on November 3, 2010 at 8:07 PM said...

menjalankannya harus memakai trafo step down yaitu input 220 volt dan outputnya 110 volt.
wiring diagram sama dengan kulkas yg memakai tegangan 220 volt, cuma beda pada sumber arus listriknya saja.

budi said...

mas, bila hendak mengganti pipa kondensor kulkas yg bocor, brapa panjang kondensor nya?

James Priyono on December 17, 2010 at 8:08 AM said...

Untuk mas Budi, ukuran lemari es nya berapa pintu?
tapi ditoko spare part sudah ada dijual untuk ukuran 1 pintu dan 2 pintu.

soetrisno said...

mas, ada kulkas bunga es nya ngak bisa cair..tp ini pake modul, gimana ngatasin ganti apanya yg rusak?

James Priyono on December 26, 2010 at 11:00 PM said...

Untuk Mas Soetrisno, modul tersebut cara kerjanya sama dengan dengan defrost motor timer.
bedanya modul tersebut menggunakan IC untuk melakukan defrost.
pada pcb modul tersebut ada tulisan "TEST" pada dua buah jarum socket.
sambungkan dengan ujung testpen untuk melakukan defrost.
bila fuse, defrost thermostat, dan heater dlm keadaan baik, berarti modul tersebut ada yg rusak komponen elektronikanya.

budi said...

mas, utk kasus mas soetrisno, kalo ada komponen elektronika yg rusak pd modul, solusinya gimana..?

James Priyono on January 13, 2011 at 12:40 PM said...

Untuk Mas Budi bila anda mengerti elektronika tentunya anda harus mencari kerusakan pada modul tersebut.
tapi bila anda blm mengerti cara mencari kerusakan tersebut, dapat anda rubah dari sistem modul ke sistem manual.
untuk merubah ke sistem manual defrost anda harus menyediakan defrost timer, defrost thermostat dan fuse.
cara pengerjaannya nanti saya akan postingkan.

Iwan said...

mas pri apa kabar? mas , utk kompresor kulkas 1/4hp pipa hisapnya itu ada 2 ya mas? kok bisa?

James Priyono on April 9, 2011 at 4:08 AM said...

Untuk mas Iwan, khabar saya baik2 saja.
pipa hisap digunakan hanya satu, yang satunya digunakan untuk pengisian freon.

Anonymous said...

mas berapa watt heater pd kulkas 2 pintu, karena kulkas sy saat defrosnya lama skali kira 3 jam br kompresor kerja, idealnya brp lama ya? saya ukur heaternya 1000 ohm, apa yg harus sy ganti, atas solusinya tks

Iwan said...

oh mas ternyata salah, bukan pipa hisap, tetapi pipa tekannya ada 2 mas? kenapa begitu?

James Priyono on April 11, 2011 at 6:57 AM said...

heater untuk lemari es 2 pintu biasanya 150 watt.
bila waktu defrost nya sampai tiga jam berarti kerusakan pada defrost timer nya.
waktu defrost yang normal adalah 15 sampai 20 menit.
untuk mas iwan, itu bukan pipa tekan, melainkan pipa pendingin olie kompresor.

Iwan said...

mas, saya lihat jalurnya, dari pipa tekan ke kondensor, dari kondensor masuk lg ke kompresor, trus dari kompresor ke kondensor satu lg, habis itu baru ke pipa hisap.. yg mana yg pipa oli kompresor mas?

James Priyono on April 12, 2011 at 12:12 AM said...

Pipa dari kondensor kembali ke kompresor adalah pipa pendingin olie nya.

Iwan said...

Mas, bukankah freon menjadi panas sewaktu di kompres, kok bisa mendinginkan oli mas ?

James Priyono on April 14, 2011 at 1:50 AM said...

pipa akhir dari kondeser didalam body lemari es saat memasuki oil cooler tube suhunya sudah tidak tinggi atau panas.
tembaga adalah penyalur panas yg baik, suhu olie yg panas menempel pada oil cooler tube tersebut didorong keluar ke kondenser tambahan.

Office-eq on April 14, 2011 at 8:08 PM said...

mas pri.saya didik .
kemarin mas menyarankan lemari es say utk ganti compresor.apakah ganti
compresor bisa dilakukan sendiri,tanpa teknisi.apa yg dipersiapkan mas.

James Priyono on April 15, 2011 at 12:13 AM said...

Untuk mas didik, untuk mengganti sendiri kompresor kulkas dibutuhkan alat yang cukup banyak.
diantaranya :
alat pengelasan
perak las
tabung freon berikut isinya minimal 2 kg R12/R134A.
manifold atau alat pengukur tekanan freon.
tang ampere atau clamp meter
mesin vakum ( bisa anda buat dari kompresor bekas yg msh layak pakai )

dedi said...

mas timer defros sudah saya ganti, tp waktu defros tetap sama yaitu 3 jam, klo saya perhatikan 2 jam selama defros berlangsung bunga es masih ada, pa heaternya ya mas, tp saya ukur 1000 ohm, klo harga heater kira2 berapa ya mas, maaf mas saya baru belajar dr blog mas n praktek kulkas sendiri yg rusak

Iwan said...

mas, kalau kedua pipa itu dipotong dan dibalik letaknya itu gimana, bisa ngak mas?

James Priyono on April 17, 2011 at 1:02 AM said...

Untuk Mas deddy.
heaternya berbentuk tabung kaca atau elemen pemanas yg menyatu dengan evaporator?
bila tabung kaca, anda harus periksa kalau tabung tersebut tidak pecah.
coba anda perhatikan putaran roda defrost timer pada saat terjadi defros, berputar atau tidak.
atau anda bisa ukur tegangan listrik yg masuk dikedua kabel heater, menggunakan multitester pada skala 500 ac volt pada waktu terjadi defrost.
tegangan yg masuk pada kedua kabel heater harus 220 volt ac.
periksa juga fuse dan defrost termostat, karena bila kedua komponen ini rusak dapat membuat heater tidak bisa bekerja.
berhati-hatilah saat melakukan pengukuran arus ac pada kedua kabel heater.
matikan terlebih dahulu power supply sebelum meletakan probe multitester diantara kedua kabel heater.

James Priyono on April 17, 2011 at 1:07 AM said...

untuk mas Iwan.
kalau dibalik sama saja, pipa pendingin olie tersebut hanya satu jalur saja.

Iwan said...

mas, mengapa kompresor 1/5 pipa tekannya hanya satu dan tidak ada pipa pendingin olinya?

James Priyono on April 17, 2011 at 9:57 PM said...

ukuran 1/5 pk juga ada yang menggunakan oil cooler tube.
tergantung merk dan design produsen nya.

Office-eq on April 21, 2011 at 8:58 PM said...

mas pri berarti lemari es konsleting
hrs ganti komresor beayanya brp?skrg hrg lemari es murah kalo nanti beaya mahal mendingin baru ya mas

James Priyono on April 22, 2011 at 3:23 PM said...

mendingan ganti baru mas, beda nya paling 300 ribuan bila dibandingkan dengan biaya penggantian kompresor dan isi freon nya.

dedi said...

mas pri, jenis heaternya elemen
pemanas yg menyatu
dengan evaporator, defros timer tidak berputar waktu proses defros, tegangan 220 v d terminal heater, heater d ukur 1000 ohm, fuse nya bagus,
gmn solusinya mas pri waktu defros lama 3 jam?

James Priyono on April 25, 2011 at 1:56 AM said...

coba anda ukur tegangan yg masuk kedalam defrost timer disaat terjadinya defrost.
biasanya arus listrik masuk pada terminal no 1 dan 3.
bila heater dan fuse baik, coba anda check defrost thermostat nya.

dedi said...

mas pri sudah saya ukur d terminal timer defros pd saat defros 210 v, kira2 pa ya mas yg rusak?

James Priyono on April 29, 2011 at 6:55 AM said...

coba putar defrost timer kearah jarum jam berputar, mendekati waktu defrost.
tunggu sampai defrost timer memindahkan kontak dari kompresor ke pemanas heater.
bila ada tegangan pada defrost timer, anda hrs liat juga posisi defrost timer berputar atau tidak?

Hariyanto said...

Mas pri apa kabar? mas ada kulkas pertama tidak nyala, ternyata di-cek overload putus, trus disambung langsung, dan nyala tapi suara kompresor tidak normal, maka saya iseng pukul-pukul pake tang sebentar,setelah itu tiba2 kompresor tidak jalan lg, dan body kompresor panas sekali padahal baru nyala 1 menit, setelah dicek terminal C & R putus, terminal S & R putus, namun terminal C & S tidak putus, nah pertanyaannya , kok bisa putus ya mas padahal cuma saya pukul sebentar dan tidak seberapa keras?? trus mesti digulung ulang dinamo kompresornya? trims.

James Priyono on May 7, 2011 at 9:35 PM said...

Untuk mas Hariyanto.
kemungkinan overload yg berada pada dlm gulungan motor terputus karena suhu kompresor yg begitu tinggi.
nanti setelah suhu kompresor normal kembali, overload dlm gulungan akan menyambung kembali.
dari pada gulung dinamo kompresor, mendingan beli baru aja mas.
yang rusak itu mekanik kompresornya bukan gulungan dinamo nya.

Hariyanto said...

mas, di dalam bodi kompresor ada overload juga? body kompresor kemarin itu panas sekali berarti ampere tinggi kan mas? mas kalau ampere tinggi dan panas, hubungan antar terminal bisa putus? kemarin setelah dicek pake avo-meter terminal C dengan terminal R jadi putus dan kompresor tidak bisa nyala lg.

James Priyono on May 10, 2011 at 10:44 PM said...

Bila kompresor nya ada tanda lingkaran kuning dan bertuliskan IN berarti ada overload didalam gulungan motor kompresor.
bila suhu body kompresor sudah tidak panas lagi tetapi hubungan antara terminal R dan C terputus berarti overload dlm gulungan motor kompresor terputus atau bisa juga gulungan motor kompresor terbakar.
dengan adanya overload tidak menjamin motor kompresor tidak akan terbakar gulungan nya.

James Priyono on May 13, 2011 at 12:30 AM said...

tanda lingkaran kuning bertuliskan "in" berada pada bagian atas kompresor.
kompresor beramper tinggi karena kerusakan mekanik kompresor atu bisa juga kompresor kekurangan olie.

dedi said...

mas pri saya ukur defros timer saat defros terminal 1-2 : 0 v
terminal 1-3: 210 v defros timer tidak berputar mas pri, sampe skrng waktu defros 4 jam, jd gak bisa buat es batu mhn solusinya mas, tks

James Priyono on May 17, 2011 at 2:15 AM said...

Untuk Sdr Dedi.
Bila dlm posisi defrost seharusnya terminal 1 dan 2 pada defrost timer terdapat tegangan 220 volt.untuk lebih jelasnya coba anda urutkan kembali wiring diagram bagian defrost nya.
anda dapat lihat wiring diagram defrost timer disini http://www.defrostimer.com/wiring.html

yapto said...

mas pri, sy mau tnya kira2 berapa harga heater dan timer defros, tks

Hariyanto said...

mas, kenapa kulkas posisinya tidak boleh tidur di lantai? yg disebut pisau itu mekaniknya kompresor mas?

James Priyono on May 25, 2011 at 9:44 PM said...

Bila lemari es posisinya ditidurkan, olie kompresor akan keluar dari kompresor menuju bagian evaporator.
bila kemudian dioperasikan lemari es nya, tentu akan mengganggu proses pendinginan karena terdapatnya olie pada evaporator.
pisau mekanik adalah istilah klep kompresor pada kompresor rotary.

James Priyono on May 25, 2011 at 9:48 PM said...

Buat Bung Yapto.
anda dapat tanyakan pada toko spare part ac yg berada di blog saya.
ada disebelah kanan dibawah link tagihan listrik.

Hariyanto said...

Mas, bukankah setelah kulkas diberdirikan maka oli akan kembali masuk ke kompressor? ada brapa macam jenis kompresor mas?

James Priyono on May 30, 2011 at 1:12 AM said...

Memang benar, olie akan kembali ke kompresor cuma membutuhkan waktu yg lama.
pada saat olie blm turun ke kompresor, kompresor dlm keadaan kurang olie pada bagian mekanik nya.

Hariyanto said...

mas kenapa harus tunggu 5 menit sebelum menyalakan lagi kulkas yg telah dicabut stekernya?

James Priyono on May 31, 2011 at 7:46 AM said...

Bila tekanan freon antara saluran pipa tekan dan pipa hisap belum seimbang, kompresor pada lemari es tidak akan bisa start sebelum 3 menit setelah di non operasikan

irwan said...

mas pri apa akibatnya jika belum 5
menit menyalakan
lagi kulkas yg telah dicabut
stekernya?

Hariyanto said...

Kulkas ada sistem delay juga mas? kalau tidak ada delay apa yg akan terjadi pd kompresor bila dinyalakan?

James Priyono on June 1, 2011 at 7:16 PM said...

kompresor akan mencoba berputar, tetapi tidak akan bisa berputar karena tekana freon blm seimbang.
ketika kompresor mencoba berputar, setrum/arus yg dibutuhkan begitu besar sehingga membuat overload bekerja untuk memutus arus yg masuk.

Hariyanto said...

Mas kenapa kalau ganti PTC yg rusak harus sesuai kapasitas kompresor? akibatnya apa bila tidak sesuai?

James Priyono on June 2, 2011 at 8:59 PM said...

jika tidak sesuai, akan mengakibatkan penundaan waktu lebih lama dalam penyambungan lilitan pembantu dan lilitan utama.
kompresor akan cepat panas atau bisa juga mengalami overload.

Hariyanto said...

yang dimaksud kontak lengket trus dan tidak mau lepas itu yg bagaimana mas? bisa terbakar motornya?

James Priyono on June 6, 2011 at 8:34 PM said...

klo lengket gak bisa lepas, dikarenakan relay rusak dan bisa saja menyebabkan gulungan motor terbakar.

Hariyanto said...

Mas,kalau kulkas yg make PTC diganti pake current-relay(relai arus) , ataupun kebalikannya current relay diganti PTC, bisa mas?

makotohasfallen on June 10, 2011 at 12:03 AM said...

mas saya mau mindahin lemari es satu pintu dengan menggunkan mobil X*nia. apakah berpengaruh jika posisi kulkas di tidurkan. menurut teman saya akan menyebabkan kerusakan, benarkah demikian. terima kasih

James Priyono on June 10, 2011 at 9:40 AM said...

Untuk mas Hariyanto.
bisa mas, tapi bila letak urutan terminal S R C nya sama.

James Priyono on June 10, 2011 at 9:44 AM said...

Untuk bung Fallen.
anda bisa menidurkan kulkas, tapi bila sampai tujuan jangan dioperasikan dahulu.
tunggu agar olie kembali lg ke kompresor, kira-kira butuh waktu seharian agar olie kembali ke kompresor.

Hariyanto said...

Mas, kalau tekanan antara pipa tekan dan pipa hisap belum seimbang, overload protector kontaknya membuka ya mas?

irwan said...

mas pri, kalau heater kulkas no
frost yang model pipa
diganti dengan yang model
tabung, trs rencana saya letakkan d tepi luar evaporator, krn klau d taruh d bgian bawah takut ada yg patah,
kira2 ada pengaruhnya gak mas dgn kulkas saya jika saya ganti, trms

James Priyono on June 12, 2011 at 7:57 PM said...

Untuk Mas Hariyanto.
kontak overload dlm keadaan tertutup.
bila tekanan blm seimbang untuk memutar motor membutuhkan arus yg tinggi, maka overload akan bekerja bila anda mencoba mengoperasikan lemari es.
butuh waktu 3 menit untuk mengoperasikan kembali lemari es setelah anda cabut stekernya.

James Priyono on June 12, 2011 at 8:02 PM said...

Untuk Mas Irwan.
anda bisa menggantinya dengan heater model tabung kaca, cuma penempatannya harus dibawah evaporator agar hawa panas dari heater bisa memanasi semua evaporator.

hariyanto said...

mas, utk mengganti PTC atau current relay yg rusak, ada tip-tip biar gak salah pilih kapasitasnya? saya gak bisa menentukan kapasitas suatu kompresor itu brapa PK.

James Priyono on June 14, 2011 at 10:20 AM said...

Untuk mengetahui pk kompresor anda harus cari katalog kompresor nya.
disetiap kompresor ada kode type kapasitas pendinginan nya, lalu coba anda cari dan cocokan dengan katalog kompresor yg bisa anda dapat pada search engine google dll.

Lewi Sumari said...

Mas nma saya lewi mahasiswa poltek smd,ak mw tax suhu kondensor pada kulkas 1 pintu pada saat mennggunakan R-134a dan menggunakan musicool MC-134,itu suhunya brapa mas???

Anonymous said...

Katalog kompressor disearch dgn kata kunci apa Pak?

James Priyono on June 24, 2011 at 6:08 PM said...

Untuk sdr Lewi.
Maaf saya belum pernah melakukan pengukuran subcooling dan superheat pada lemari es.

James Priyono on June 24, 2011 at 6:11 PM said...

Untuk mencari katalog compressor di google, keyword nya adalah "compressor catalog", contoh danfoss compressor catalog.

Anonymous said...

Mas, kalau internal overload membuka karena panas, terminal mana saja yg ngak connect bile diukur ohmeter?

James Priyono on July 24, 2011 at 10:19 PM said...

internal overload menyambung pada terminal "L" jadi bila dilakukan pengukuran dengan multitester yg menyambung hanya S dan M atau hanya lilitan pembantu saja.

Anonymous said...

Mas , kalau beli kompresor kulkas baru di toko sparepart yg tidak ada isi olinya, boleh dibalik/ditidurkan posisi kompresornya? secara kulkas tidak boleh ditidurkan letaknya..

James Priyono on July 28, 2011 at 7:12 PM said...

Kompresor baru dari pabrik pembuatnya sudah terisi olie.
untuk kompresor jenis rotary, bila blm terpasang pada unit tidak ada masalah bila ditidurkan.
yg penting pipa hisap dan tekan tertutup rapat agar olie tidak keluar.
untuk kompresor kulkas, tidak boleh ditidurkan karena mekanik kompresor dapat terlepas dari dudukan nya.

Anonymous said...

Kompresor rotary itu utk AC mas? dan kompresor kulkas termasuk jenis apa?

James Priyono on August 2, 2011 at 6:47 PM said...

Pada lemari es dua pintu juga ada yg menggunakan kompresor jenis rotary.
kompresor untuk lemari es umumnya bertipe piston.

Pujo Hariono on August 6, 2011 at 10:11 AM said...

Mas James, kulkasku merk sanken model SF-3169, ada 3 pintu, tapi sepertinya sistem 2 pintu. saya ingin menanyakan: frezeer tdk bisa beku. dulu pernah rusak seperti ini juga. memanggil tk servis,hanya diganti defrost timer, defrost thermostat, fuse, dan heater sudah baik. skr betulin sendiri, 3 alat itu sudah diganti baru, hanya heater yang belum (gak tahu letaknya). masih tetap gak bisa beku? bagaimana solusinya mas? apa heater harus diganti juga? kalau diganti, dimana letaknya? satu lagi di bagian kompresor tidak ada kebocoran oli. mohon pencerahannya mas. tk

James Priyono on August 6, 2011 at 11:44 AM said...

Untuk Sdr Pujo
untuk mengetahui kerusakan lemari es anda adalah, operasikan lemari es selama setengah jam.
lalu anda lihat pada bagian evaporator dari bagian atas sampai bagian bawah, apakah evaporator mengeluarkan bunga es?
bila tidak berbunga es, berarti lemari es anda ada kebocoran freon atau kompresor berhenti beroperasi.
tanda-tanda kerusakan pada bagian defrost adalah pada bagian kisi-kisi evaporator ditutupi oleh es, sehingga aliran udara yg disirkulasikan oleh fan motor terhalang oleh es yg berada pada kisi-kisi evaporator tersebut.
periksa juga apakah pada saat pintu atas ditutup apa fan dapat beroperasi?

Pujo Hariono on August 7, 2011 at 2:24 AM said...

Mas James, kulkas sudah saya operasikan lebih dari setengah jam, tapi di lemari atas (tidak melihat di kisi2nya) tidak ada bunga es sama sekali. berarti permasalahan kulkasku hanya berhubungan dengan fungsi kompresornya aja ya? sedangkan defrost timer, defrost thermostat, fuse yang sudah saya ganti baru dengan yang sama persis (kecuali heater belum diganti krn gak tahu posisinya) tidak ada hubungannya dengan proses pendinginan ya? Saya coba lihat di belakang, kompresornya terdengar berbunyi dan ada getaran, tidak ada bocoran oli sebagai indikator kekurangan freon. mungkin pengamatan saya terhadap kompresor kurang teliti. menurut mas james, apa saya harus panggil tukang servis? atau bisa ditangani saya sendiri? mohon petunjuknya

James Priyono on August 7, 2011 at 7:10 PM said...

Untuk Sdr Pujo.
lakukan pencarian kebocoran freon disetiap sambungan pipa.
bila tidak ada kebocoran pada sistem, bila anda mempunyai alat pengelasan, anda harus mengecek tekanan kompresor.
bila dalam sistem masih ada freon buang terlebih dahulu, lalu anda lepas sambungan pipa tekan dan sambungan pipa hisap pada kompresor.
setelah anda lepaskan kedua sambungan pipa tersebut lalu operasikan kompresor dan tekan dengan jari jempol pada bagian pipa tekan, apa ada tekanan yg keluar sampai jari jempol anda tidak kuat menahan tekanan tersebut.
bila jari jempol anda tidak kuat menahan tekanan tersebut, berarti kompresor anda masih dalam kondisi baik, tapi jika sebaliknya berarti kompresor dalam kondisi rusak.
Bila tekanan kompresor anda dalam kondisi baik berarti kerusakan adalah adanya kebocoran freon.
kebocoran bisa saja terjadi pada kondenser atau dibagian evaporator, bila kondenser berada dalam body lemari es memang susah untuk mencari kebocoran tersebut jalan satu-satunya anda harus mengganti kondenser tersebut dengan yg baru dan diletakan pada belakang lemari es.

Pujo Hariono on August 7, 2011 at 11:28 PM said...

Mas James, kalau urusan dengan Kompresor, freon, pipa tekan, dan pipa hisap berarti harus diserahkan pada ahlinya atau tukang servis. tapi ada yang ingin saya tanyakan, mungkinkah thermostat atau kontrol suhu itu tidak berfungsi atau rusak? bagaimana cara kerja dari thermostat atau alat pengontrol suhu? jika di stel suhu tertentu, dan suhu sudah terpenuhi oleh proses pendinginan apakah kompresor langsung berhenti bekerja? tk atas penjelasannya.

James Priyono on August 8, 2011 at 1:50 PM said...

Fungsi thermostat seperti saklar lampu, tapi pada thermostat yg menggerakan saklar adalah tekanan air raksa dari adanya perubahan suhu.
kompresor akan berhenti bekerja bila setting thermostat sudah sesuai dengan suhu yang berada pada bagian freezer.

Pujo Hariono on August 8, 2011 at 2:08 PM said...

Mas James, lanjutan dari pertanyaan sebelumnya. apa ada kemungkinan thermostat di kulkas saya rusak? tk.

James Priyono on August 8, 2011 at 6:54 PM said...

Bila thermostat rusak, kompresor tidak akan bisa beroperasi karena satu line listrik yang masuk ke dalam kompresor berasal dari thermostat.
coba ukur dengan multitester pada kedua terminal thermostat tersebut.
posisikan thermostat pada nilai tertinggi sebelum melakukan pengukuran dengan multitester pada skala ohm.

Pujo Hariono on August 8, 2011 at 11:15 PM said...

maksud saya tidak rusak dalam hal kelistrikannya, tapi sensitivitas dari thermostat merespon suhu. misalnya selalu pada posisi suhu paling tinggi di freezer, meskipun diatur2 potensiometernya, sehingga tidak pernah akan mencapai terjadinya bunga es (membekukan air), hanya dingin saja. tk.

James Priyono on August 9, 2011 at 8:52 AM said...

Terjadinya bunga es pada evaporator bukan tergantung dari thermostat tapi dari proses pendinginan yg baik, walau tanpa thermostat bila sistem pendinginan baik maka freezer atau evaporator akan mengeluarkan pendinginan untuk membuat es.
pada kasus lemari es anda, bila kompresor bisa beroperasi dengan baik berarti ada kebocoran freon pada sistem.

Pujo Hariono on August 9, 2011 at 10:47 PM said...

Mas James, ma'af telah merepotkan atas ketidak mengertian saya. Mas, saya mau tanya lagi, apa mungkin saat kompresor beroperasi disaat itu pula heater bekerja? mungkin karena rusaknya defrost timer atau kesalahan memasang kabel2 ke kaki2 defrost timer, atau kemungkinan lain yang tidak saya mengerti. sehingga proses pendinginan berjalan, disisi lain pencairan dari heater bekerja, makanya suhunya tidak dingin membeku. itu dulu pertanyaan kali ini, tk atas penjelasannya.

Anonymous said...

selamat Idul Fitri Pak James, semoga sukses dan sehat selalu...

Anonymous said...

kalau ga bisa beku airnya, kerusakan yg paling sering apa saja pak? Tq

James Priyono on February 18, 2012 at 10:48 PM said...

Bila sistem defrost tidak bisa bekerja maka air tidak bisa beku jika diletakan dibagian freezer.
karena hembusan angin dari kipas fan motor terhalang oleh es yg menebal dibagian evaporator.
banyak faktor jika bagian pintu atas tidak bisa membekukan, diantaranya :
adanya kebocoran freon, kompresor tidak bisa beroperasi dan bagian defrost tidak bisa beroperasi dengan baik.

Korin on March 19, 2012 at 8:01 PM said...

Mas tanya dong, Kulkas saya bagian atas nya bisa dingin/beku tapi bagian bawahnya tidak dingin....sy liat kipasnya tidak berputar saat pintu atas dibuka dan switchnya saya tekan...apakah ini penyebabnya ? mohon advicenya. tks

James Priyono on March 20, 2012 at 8:13 AM said...

Untuk Sdr Korin.
Memang pada saat pintu kulkas dibuka, baik itu pintu atas atau pintu bagian bawah akan membuat switch memutus arus kebagian Fan Motor.
Bila anda tekan switch nya, apabila fan motor tidak berputar juga itu disebabkan lemari es sedang dalam posisi defrost.
jadi selama proses defrost, fan motor dan kompresor tidak akan bekerja.
Bila bagian pintu atas dingin tapi bagian bawah tidak dingin, itu tanda-tanda kerusakan bagian Defrost.

athif on June 10, 2012 at 5:53 AM said...

Dh,
Pak Pri, saya ingin bartanya apa bedanya kompresor type LBP dan HBP? dan dalam pemasangannya bisa saling menggantikan?

trims
athif

James Priyono on June 10, 2012 at 9:17 PM said...

Untuk Sdr Athif, Kompresor low back pressure dirancang untuk beroperasi pada evaporator yg bersuhu dibawah nol derajat celcius atau bersuhu lebih rendah dari suhu tekanan balik kompresornya.
sedangkan Kompresor high back pressure dirancang untuk beroperasi pada evaporator bersuhu 20 derajat atau lebih tinggi dari suhu tekanan balik kompresornya.

ahmadafdlol on July 16, 2012 at 7:31 PM said...

bos. Kulkas ku sharp 1 pintu cetak cetik teros. Kompresor tidak dpt berputar padahal therostrt dan overload udah ku ganti br. Kira kira apa yg rusak?

James Priyono on July 17, 2012 at 12:15 AM said...

Untuk Sdr Ahmad. bila tegangan listrik dirumah anda normal, coba periksa relay kompresornya. bila relay dalam kondisi baik, berarti mekanik kompresor macet.

Anonymous said...

Mas mau nanya kulkas sy 1 pintu gak dingin... Awal nya karana tegangan listrik naik turun bahkan stabilizer kebakar... Kemudian over load dan relay ptc sudah sy ganti dgn yg br tp tetep g dingin.. Hanya pipa kapiler sj yg dingin ... Kira2 apanya lg yg hrs sy ganti apa perlu panggil tukang service yaaa... Makasih

James Priyono on July 20, 2012 at 8:31 AM said...

Coba cari apa ada kebocoran freon disetiap sambungan pipa.
untuk lebih detailnya harus check tekanan kompresornya, bila tekanannya bagus berarti ada kebocoran freon atau freon mengalami kebuntuan.
bila anda tidak mempunyai perlengkapan alat-alat kerja, sebaiknya panggil teknisi saja.

haykel said...

mas.. saya punya kulkas 2 pintu baru beberapa bulan. beberapa hari ini ada mesalah, sebelum saya hubungi service center, saya ingin tanya ke mas Pri dahulu..
beberapa hari yang lalu ada keanehan, kompresor'nya (kalau ga salah) nyala terus, ditandai dengan suara kompresornya. saya pegang bodi belakang panas, untuk pintu yang bagian atas (frizer), dinding dan bawah rak membentuk es. tapi pintu yang bawah (refrigrator), malah tidak begitu dingin.
listrik juga boros (otomatis ya.. saya pakai meter prabayar).

kemarin liat2 di web, saya matikan dulu kulkasnya 1 hari, di penampung air, lumayan banyak air keluar. sekarang sudah dinyalakan, normal (sepertinya..) kompresor tidak nyala terus, bodi belakang juga tidak panas, hanya hangat saja.

yang ingin saya tanyakan, apa sebab bisa seperti itu? apa itu bisa kambuh lagi?
saya sudah cek voltase listrik normal, 220v.

saya juga ingin tanya, dari pertama beli, saat kompresor nyala, suaranya kasar, seperti getaran (trr...).
apakah itu normal?

oiya sebagai info, merek'nya L-G.

maaf kalau sedikit curhat.
saya ucapkan terima kasih sebelumnya.

James Priyono on July 25, 2012 at 5:01 AM said...

Untuk Sdr Haykel.
Lemari es anda tidak bisa melakukan defrost atau mencairkan bunga es di evaporator yang sudah menebal selama 7 jam.
penyebabnya harus di check dulu komponen bagian defrostnya.
bisa karena timer yang rusak, heater yang putus elemennya atau defrost thermo dan thermo fuse mengalami kerusakan.
tentang kompresor bersuara kasar, mungkin ada baut atau pengunci kaki dudukan kompresor yang kendor.
atau bisa juga karena getaran pipa disekitar bagian kompresor.

arfin said...

salam mas pri saya punya kulkas dua pintu kira2 sudah usia sepuluh tahun, beberapa hari ini tiba tiba tidak dingin terutama yg pintu bawah, sedangkan yang atas sedikit dingin tapi tidak bisa beku, pada bodi cuma hangat saja.suranya berisik seperti suara jangkrik. kira kira apa ya mas,kata tukang servicenya compresorarus gnya rusak dan harus diganti. apa memang demikian trim

James Priyono on February 9, 2013 at 11:23 AM said...

Untuk Mas Arfin, kerusakan bisa pada bagian kompresor bisa juga pada bagian defrost.
Bila kompresor berbunyi seperti yg anda katakan, berarti kompresor harus diganti dengan yg baru.
Tapi terebih dahulu anda check pada bagian evaporator, ada timbul bunga es yg menutupi evaporator atau tidak?
Bila ada bunga es menutupi bagian evaporator seperti gambar diatas, berarti kerusakan ada dibagian defrost.

Anonymous said...

Slamat siang mas pri
Mo tanya apakah heater yang menempel di evaporator di di tes dgn cra menghubungkan langsung dengan arus listrik tentunya dgn mencabut connector yg menghubungkan heater dgn komponen lain dlm kulkas,krena sy sudah mencoba pd kulkas Goldstar Gr35-2cd dan heater tidak mau panas apa memang heater benar rusak atau tidak bisa dgn cara spt itu
trims penjelasanya

James Priyono on March 14, 2013 at 12:58 AM said...

Benar sekali, bila heater tidak panas berarti elemen didalam heater putus. anda bisa check juga dengan multitester dengan skala ohm.

 

| Bengkel ac dan kulkas © 2014. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Design by Brian Gardner | Back To Top |