Saturday, January 15, 2011

Cara Merubah Defrost PCB Ke Defrost Manual



Defrost PCB berfungsi sama seperti defrost manual yang menggunakan defrost timer.
pada lemari es dua pintu atau lebih memang ada yang menggunakan modul PCB untuk proses defrostnya. sebenarnya fungsinya sama dengan defrost manual yang menggunakan defrost timer, bedanya pada defrost modul pcb diatur oleh sebuah IC dalam rangkaian elektronika.

memang pada jaman modern ini cara defrost manual sudah digantikan dengan menggunakan modul PCB.
Sebelum menggunakan defrost dengan heater pemanas, produsen lemari es dua pintu menggunakan cara defrost dengan memanfaatkan panas refrigerant untuk melumerkan es pada evaporator. tetapi cara tersebut kini sudah digantikan dengan penggunaan heater pemanas untuk melumerkan bunga es yang menebal setelah lemari es beroperasi selama 7 jam.

Untuk merubah modul defrost PCB ke defrost manual, anda harus menyiapkan :
- Defrost Timer
- Defrost Thermostat
- Fuse
atau anda bisa memakai defrost thermostat dan fuse yang lama bila tegangan yang digunakan adalah tegangan ac volt.
caranya adalah lepaskan kabel yang menuju kompresor pada modul pcb lalu anda pasangkan pada terminal no 4 pada defrost timer.
lalu anda lepaskan juga kabel yang menuju heater pada modul pcb dan anda pasangkan pada terminal no 2 pada defrost timer.

sekarang anda buka kap penutup evaporator pada pintu atas lemari es, lalu anda cari ujung kabel dari terminal no 2 (kabel yang menuju ke heater pemanas).
setelah anda temukan, kabel harus menyambung pada satu kabel heater pemanas lalu kabel satunya yang keluar dari heater pemanas anda putuskan untuk disambungkan pada fuse. (bungkus ujung kabel satunya yang anda putuskan tadi dengan solasi) lalu ujung dari kabel fuse anda sambungkan dengan kabel defrost thermostat dan kabel defrost thermostat yang satunya anda hubungkan dengan line listrik.

sambungan kabel antara fuse dan defrost thermostat anda sambungkan satu buah kabel untuk ditujukan ke terminal no 1 pada defrost timer dan terminal no 3 nya anda hubungkan dengan line listrik.
terkadang modul pcb juga digunakan untuk lampu indikator pada lemari es.
jadi bila lampu indikator masih berfungsi, anda tidak perlu membuang module pcb tersebut.

Kindly Bookmark this Post using your favorite Bookmarking service:
Technorati Digg This Stumble Stumble Facebook Twitter

46 komentar:

budi said...

ok mas..

Anonymous said...

salam kenal mas pri..ni dr member baru mas..dari jogja ..dari T_fresh..dan met kenal jg buat semuanya..ngikut nimbrung nih..

budi said...

mas, utk terminal no.1 itu apa bisa berputar timernya mengingat posisi kabel di antara fuse dan defrost thermostat?

James Priyono on January 23, 2011 at 2:04 AM said...

Untuk Mas yg dari jogya, salam kenal juga dari saya.
dan untuk Mas Budi, bisa berputar dong timer nya.
gulungan timer itu no 1 dan no 3.
memang tidak bisa berputar jika lemari es baru pertama kali di operasikan.
tapi setelah defrost thermostat terkena suhu dingin dan bimetal didalam nya menyambung, barulah timer dpt bekerja.

budi said...

oh begitu mas, biasanya butuh waktu brapa lama bimetal itu akan menyambung? dan pd waktu defrost itu makan waktu brapa lama sampai es mencair total?

salam kenal juga mas dari jogja.

James Priyono on January 23, 2011 at 11:50 PM said...

Untuk Mas Budi, bimetal pada defrost thermostat akan menutup atau menyambungkan arus bila suhu dalam pintu atas pada lemari es berkisar dibawah 10 derajat celcius.

edi on February 1, 2011 at 10:14 AM said...

mas james, tolong dibuatin postingan tentang sistem pendingin yg menggunakan air sebagai pendinginnya.

James Priyono on February 1, 2011 at 12:50 PM said...

Untuk Mas edi, sampai saat ini bahan pendingin masih menggunakan refrigerant/freon.
karena bila menggunakan air akan membutuhkan volume dan kompresor yang begitu besar.
mungkin maksud anda sistem pendinginan pada chiller ya?

budi said...

mas, postingin ttg ac inverter dong

James Priyono on February 17, 2011 at 1:09 PM said...

Untuk Mas Budi, ok nanti saya akan postingkan.

Trisno Lelono Jati on March 5, 2011 at 4:36 PM said...

Lam kenal mas James yg pinter....
mau nanya ne..
saya punya kulkas lama, mesinnya menyala normal dan lumayan panas. trus di dalam kulkas juga terdengar suara seperti gemericik air.yang jadi masalah,dah lama di nyalain, kulkas saya ngga juga mau dingin....
kira2 penyebabnya apa mas...??
mohon pencerahannya...

James Priyono on March 6, 2011 at 3:10 AM said...

Untuk Mas Trisno salam kenal dan salam sejahtera dari saya.
kemungkinan permasalahan kulkas anda yg tidak bisa dingin adalah adanya kebocoran freon, kebuntuan aliran freon pada pipa kapiler dan kemungkinan juga tekanan kompresor sudah tidak memadai.
coba anda pegang pada bagian kondenser yg terletak dibagian body belakang kulkas anda, panas atau tidak?
bila panas berarti tekanan kompresornya masih baik.
tapi bila tidak panas, ada kemungkinan freon bocor, kebuntuan pada pipa kapiler atau bisa juga tekanan kompresor sudah lemah.

Eun74 said...

Sallam,
permisi Mas Pri ,saya mau tanya seputar Cara Merubah Defrost PCB Ke Defrost Manual .
Mas PRi nggambarnya kan dari terminal TIMER nomer 2 ke HEATER ke FUSE ke Defrost thermostat ??
bukannnya dari terminal TIMER nomer 2 ke DEFROST THERMOSTAT dulu,baru ke HEATER dan berakhir ke FUSE ??

mohon pencerahannya Mas Pri :)
trimakasih

James Priyono on March 25, 2011 at 3:45 AM said...

Untuk Mas Eun74, susunan wiring diagram dari anda memang bisa juga membuat defrost.
apakah dalam wiring diagram yg saya buat tidak dapat membuat heater bekerja disaat waktu defrost?

Eun74 said...

sebelumnya terimakasih atas penjelasannya Mas ..
memang kalau yang dari Mas Pri heater akan bekerja ..tapi bukannya dengan penempatan HEATER yang langsung dari terminal nomer 2 akan membuat Heater akan bekerja meskipun kondisi evaporator belum dingin maksimal (misalnya,kulkas baru dihidupkan)..bukankah seharusnya dalam kasus ini DEfrost Thermostat memainkan peran Mas ?
maaf mas Pri banyak nanya,maklum karena ketidaktahuan saya ..
terimakasih :)

James Priyono on March 25, 2011 at 9:30 PM said...

Untuk Mas eun74, saya kira anda tahu cara kerja dari defrost thermostat.
bila lemari es sebelumnya belum pernah dioperasikan dan posisi defrost timer berada pada posisi defrost.
lalu kemudian lemari es dioperasikan, heater pemanas tidak akan bekerja.
untuk dapat membuat heater bekerja dibutuhkan suhu berkisar 7 - 8 derajat celsius.

Eun74 said...

Terimakasih mas pri ..sekalian saya mau tanya bimetal didalam Defrost thermostat itu memutus pada range suhu brapa 'c ya ?trus bimetal trsbut menyambung di range suhu brapa 'c ya mas ?
Trimakasih mas pri buat infonya .

James Priyono on March 26, 2011 at 11:38 PM said...

Bimetal pada defrost thermostat akan menutup pada suhu berkisar 7 - 8 derajat celcius.

yutrian on April 26, 2011 at 11:19 PM said...

Salam kenal, Posting Blog anda sangat bermamfaat buat menambah pengatahuan Saya tentang Kulkas, Terimakasih

James Priyono on April 27, 2011 at 2:07 AM said...

Terima kasih untuk sdr Yossi yg telah berkunjung ke blog saya.

andie said...

Salam kenal mas pri,mas sy mau tanya tentang kulkas LG 2 pintu yg pakai defrost timernya modul pcb dan kabel didlm unit blakang kulkas yg menuju kompresor,heater n lampu pada lengket kebakar mhn pencerahannya gmn cara benerin kabelnya smntara kabel ketutup dibody kulkas.trima kasih sebelumnya mas..

James Priyono on May 1, 2011 at 11:28 PM said...

Untuk sdr Andie.
bila kabel menuju ke kompresor terbakar dan tidak dapat disambung, anda harus menggantinya dengan kabel baru yg tentunya diletakan pada body luar lemari es.
atau anda coba tarik terlebih dahulu kabel yg hangus tersebut untuk disambung kembali.
untuk menyambung dengan benar, anda bisa lihat wiring diagram pada penutup modul pcb.

andie said...

Thanks mas prie atas infonya,mas saya mhn bantuannya tentang AC panasonic 8PK yg pipa gedenya jd es n pipa kecilnya dingin ga bisa hangat,kmrn ud sya coba ganti
filter dryer tp masih sama aja n freon 52 psi ampere kompresor 12,6 A,mhn pencerahannya mas apanya yg bermasalah sirkulasi freon ato kompresornya...

James Priyono on May 3, 2011 at 11:27 PM said...

Bila pipa suction menjadi es, berarti freon cair yg mengalir dalam pipa suction tersebut.
bisa jadi unit kebanyakan mengisi freon, atau evaporator kotor.
sehingga freon yg menguap pada evap tidak sepenuh nya terbuang oleh blower fan.

andie said...

Thanks mas,klo freon sya kira cukup tp klo fannya kyanya iya soalnya dlu pernah diganti yg bkn stndartnya(rpm lbh kecil),klo dikasih fresh air gmn mas?ato emang freon kurang lncar soalnya cumi yg dioutdoor hangat cm ga panas tp stlh lwt pipa kecil 1/4 pipa jd dingin ga bs hangat,apakah ada kebuntuan dicumi?

James Priyono on May 6, 2011 at 1:13 AM said...

Bila freon sirkulasi nya tidak lancar, jarum manifold akan bergoyang.
coba anda check evap nya, bersih atau kotor.
coba anda kurangi freon sampai pipa suction tidak menjadi es.
lalu check pada evap dinginnya rata atau tidak.

irwan said...

salam kenal mas, mas bisa gak ya kompresor kulkas 2 pintu d ganti dgn kompresor kulkas 1 pintu? Tks

James Priyono on May 25, 2011 at 9:34 PM said...

untuk mas Irwan.
bisa saja, kalau ukuran pk nya sama.
kalau pk nya beda, kompresor akan cepat panas dan akan overload.

irwan said...

mas pri, jenis timer defros yg digunakan apa ya, tks

James Priyono on May 30, 2011 at 1:07 AM said...

jenis defrost timernya bisa merk apa saja.

Basri said...

Salam Mas Pri, Saya pakai kulkas 2 Pintu LG yg 200 liter. Ada masalah di defrost thermostat (jebol/heater tdk jalan) sementara saya by pass saja ke defrost heater (bekerja, test ohmmeter juga bergerak). Lama timer utk switch ke heater saya hitung 18 menit dan switch lagi ke kompresor, tapi air tidak ngucur ke bak penampung. Akhirnya saya jumper timer ke posisi heater selama 40 menit + 18 menit tadi, baru ngucur air dan evaporator bersih. Yang 18 menit awal tadi saya lihat evap lumayan rontok. Saya penasaran panasnya heater seberapa, pas saya pegang hangat2 spt batere hp lagi di charger. Model heaternya yg mengelilingi evap dari atas kebawah.
Pertanyaan:
-Berapa amper-kah heater seperti itu (saya belum ukur utk amper).
-Normalkah panasnya (dipegang tangan) dan lama waktu utk melelehkan semua es dari evap
-Dimana (jakarta) utk cari part (heater dan def thermostat) yang murah & lengkap.

Terima kasih sebelumnya

NB: Ilmu disimpan akan hilang, ilmu kalau dibagi akan bertambah

James Priyono on June 2, 2011 at 8:51 PM said...

Untuk Mas Basri.
menebalnya es pada evaporator selama 7 jam pendinginan dapat lumer dengan heater 150 watt selama waktu defrost.
kemungkinan menebalnya es pada evaporator lemari es anda lebih dari 7 jam pendinginan, sehingga heater tidak mampu melumerkan es yg ada pada kisi-kisi evaporator.
untuk spare-part anda dapat kunjungi link sebelah kanan blog saya, yaitu spare-part ac dan kulkas dibawah info billing rekening listrik.
saya suka dgn NB anda, saya sangat setuju sekali.

irwan said...

mas pri, rangkaian yg mas buat, brarti timer defros hidup 24 jan tau nonstop apakah gak cepat rusak timernya mas, maaf jika saya salah analisa mohon bimbingannya mas

James Priyono on June 14, 2011 at 10:13 AM said...

Untuk dapat mendinginkan selama 7 jam dan defrost selama 15 menit timer harus beroperasi selama 24 jam.
kecuali bila kontak bimetal pada thermostat membuka, timer akan istirahat.
line listrik pada gambar wiring diagram salah satunya berasal dari thermostat.

Kamil on June 18, 2011 at 8:59 AM said...

mas, mau tanya nih. Kulkas saya tidak dingin dan di katakan oleh teknisinya kompresor kulkas saya lengket, karena setelah di langsungkan ke listrik katanya tidak mau juga. solusinya kompresor dibelah dan di coba putar manual atau ganti kompresor baru. apakah benar demikian ? apakah ada solusi lain?
thanks

James Priyono on June 19, 2011 at 11:25 AM said...

Untuk sdr Kamil.
Untuk memperbaiki kompresor macet, pertama-tama adalah:
- Buang freon terlebih dahulu lalu coba operasikan.
- bila tidak mau berputar, pergunakan penambahan starting capasitor untuk memutar motor kompresor.
atau bisa juga lakukan dengan cara extreem yaitu getok body kompresor dengan martil.
Bila semua cara telah dilakukan dan kompresor tetap tidak mau berputar, berarti mekanik kompresor rusak dan harus ganti Kompresor baru.

andie said...

Salam mas,gmn kbrnya?maaf mas sy mau nanya-nanya lg :
1. klo di evap kulkas terdengar ada suara gemericik air itu knp mas?
2.flushing pipa kapiler,evap n kondensor kulkas blh ga pakai R 11 dan flush-nya pakai R 22?
3.gmn caranya ngecek klo ada kebuntuan di pipa kapiler/evap kulkas dan klo ada kebuntuan apakah pipa kapiler perlu diganti ato cukup diflushing saja.

Mhn pencerahannya mas,sebelum n sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

James Priyono on June 26, 2011 at 1:45 AM said...

Untuk mas Andie.
Suara gemericik pada evap adalah olie yg tidak dapat kembali ke kompresor.
klo saya biasa menggunakan R11 untuk melakukan flushing.
Bila ada kebuntuan pada kapiler, manifold akan menunjukan angka vakum atau berada dibawah 0.
sebaiknya diganti dengan yg baru apabila unit mengalami kebuntuan bila yg menyebakan kebuntuan adalah kotoran.
tapi biasanya uap air yg membuat kebuntuan tersebut.
vakum unit kulkas agar udara keluar dari sistem.

andie said...

Thanks mas atas infonya,klo vakumnya pakai strainer caranya gmn mas trus berapa lama?Bila freon kulkas sebelumnya R 12 trus diganti R 134a boleh ga mas?
maaf mas bnyk tanya soalnya bru belajar mg mas pri ga keberatan bagi ilmunya,thanks.

James Priyono on June 28, 2011 at 12:38 PM said...

Untuk melakukan vakum melalui saringan/strainer, anda harus menggunakan strainer berlubang dua.
lubang yg satu untuk pipa kapiler yg menuju evaporator dan lubang satunya pasangkan kapiler 10 cm untuk lubang pemakuman.
setelah dilas keduanya, pasang selang manifold pada pentil pengisian freon lalu jalankan unit maka angin akan keluar lewat pipa kapiler 10 cm.
bila sudah tidak ada angin/udara keluar, jepit pipa kapiler dengan tang penjepit lalu dilas kemudian dilanjutkan dengan pengisian freon.
untuk mengganti dari R12 ke R134A sebaiknya olie kompresor diganti dengan olie khusus R134A.

Anonymous said...

salam knal mz.
Sya mau tnyak mz. Knapa taimer kulkas 2 pintu pas kta matikan gk mau kmbli hidup, padahal taimer trsebut mutar mz? Knapa taimer kulkas 2 pintu pas kta matikan gk mau kmbli hidup, padahal taimer trsebut mutar mz?

James Priyono on October 3, 2011 at 11:21 AM said...

Ketika timer berada posisi mengalirkan arus listrik ke bagian kompresor lalu anda putar timer berpindah pada posisi jalur heater, maka kompresor akan mati karena sumber arus dipindahkan kebagian heater/defrost.
perlu waktu sekitar 15 menit untuk membuat kompresor beroperasi kembali.

Unknown on November 29, 2011 at 10:09 AM said...

salam kenal mas
mau nanya mas, saya punya kulkas 2 pintu waktu itu tiba2 mati atau nggak mau bekerja kompresornya trus saya panggil tekhnisi blg dia timernya rsk trus diganti timer baru tapi itu hanya berlangsung selama 8 jam trus kompressornya mati kembali apa sebabnya mas apakah PTC relaynya bs jd penyebabnya
thanks

James Priyono on November 29, 2011 at 1:45 PM said...

Coba check timernya pada saat defrost apa timernya berputar?
jika berputar, nantiya kompresor akan hidup kembali setelah 15 menit.
jika tidak berputar timernya, berarti ada salah dalam pemasangan kabel pada timer atau tidak sesuai dengan wiring diagram.

ARIS said...

mas saya mau tanya,saya pernah menambal evap yg bocor,setelah tambalan selesai&pengisian freon dilakukan,terdengar gemericik air pd evap,kemudian berhenti dibarengi kompresor mendengung pelan&tekanan manifold turun,setelah beberapa saat trdengar gemericik air lg&kompresor mendengung normal&tekanan manifold naik.apakah kompresor yg lemah/vakum yg kurang lama.saya mohon pencerahannya.terima kasih

James Priyono on March 14, 2013 at 1:03 AM said...

Naik turunnya jarum manifold bisa disebabkan karena masih ada udara didalam sistem, coba anda vakum dan isi ulang freon kembali.

 

| Bengkel ac dan kulkas © 2014. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Design by Brian Gardner | Back To Top |