Thursday, November 4, 2010

Jenis Motor Compressor


1. Single phase compressor motor type

A. RSIR Motor (Resistance Start – Induction Run)

Ini adalah motor paling sederhana yang digunakan dalam kompresor hermetic yang dipergunakan pada lemari es, freezer atau dispenser.
kompresor ini memiliki lilitan utama (RUN) dan juga lilitan pembantu (START)
lilitan pembantu hanya diperlukan selama start-up dan pada jenis kompresor ini tidak memerlukan kapasitor.
Sebuah relay diperlukan hanya untuk memisahkan lilitan pembantu ketika kompresor mencapai kecepatan di mana lilitan utama saja yang digunakan.

Motor jenis RSIR biasanya digunakan menjalankan aplikasi keseimbangan tekanan , dimana torsi motor tinggi mulai tidak diperlukan.
Relay yang paling banyak digunakan pada kompresor RSIR adalah PTC (Positif Koefisien suhu) perangkat solid state.
Perangkat ini dipasang secara seri dengan lilitan pembantu.
Sebuah PTC mengalami kenaikan resistansi disaat arus listrik melewatinya
PTC cocok untuk disain RSIR motor karena disaat kompresor mencapai pemindahan kecepatan, peningkatan tajam dalam resistansi PTC secara efektif mencegah arus melalui lilitan pembantu.
Ini adalah perangkat sederhana, tidak ada bagian yang bergerak didalam sebuah relay PTC.
Pada beberapa kompresor, perangkat PTC adalah relay yang digabung dengan overload kompresor.



B. RSCR (Resistance Start – Capacitor Run)

Ketika torsi rendah memadai tetapi untuk peningkatan efisiensi operasional, diperlukan penambahan kapasitor secara seri dengan lilitan pembantu untuk dapat menghasilkan hasil yang diperlukan.
aplikasi Ini dilakukan pada kulkas, tapi di mana ada satu peningkatan sedikit biaya maka dibenarkan untuk efisiensi yang lebih tinggi dan diperlukan untuk memenuhi permintaan pasar atau peraturan persyaratan.

Sekali lagi PTC atau relay digunakan, tetapi dalam kasus ini tidak memisahkan lilitan pembantu, yang tetap aktif setiap kali kompresor berjalan.
relay ini memungkinkan arus terpotong pada starting kapasitor pada saat run-up.
Ketika resistensi PTC meningkat atau saat relay terbuka, mengakibatkan atau membawa run capasitor berhubungan seri dengan lilitan pembantu.



C. CSIR Motor (Capacitor Start – Induction Run)

Bila kompresor diperlukan untuk memulai pada tekanan tidak seimbang, atau seperti kasus ketika katup TX digunakan sebagai sistem perangkat ekspansi, motor CSIR mungkin pilihan yang sesuai.
Kita boleh menyebut motor CSIR sebagai motor RSIR yang telah ditingkatkan oleh penambahan kapasitor secara seri dengan lilitan pembantu.
Hasilnya adalah, bukan hanya untuk memisahkan lilitan pembantu, fungsi relay sekarang memisahkan lilitan pembantu dan starting kapasitor.
Seperti motor RSIR yang lainnya, sewaktu sampai pada kecepatan, yang dipergunakan hanya lilitan utamanya saja yang dialiri arus listrik.



D. CSR Motor (Capacitor Start and Run, Atau disebut juga CSCR)

Motor ini menawarkan perbaikan starting karakteristik yang disediakan oleh starting kapasitor.
ditambah dengan peningkatan efisiensi berjalan yang dihasilkan dari penggunaan running kapasitor.
motor ini banyak digunakan pada aplikasi mesin pendingin yang lebih besar atau refrigerasi komersial

dalam disain ini run kapasitor kembali dihubungkan seri dengan starting kapasitor.
komponen ini menjadi aktif ketika kompresor sedang berjalan.
ada penambahan kapasitor (starting kapasitor) yang dihubungkan secara paralel dengan running kapasitor selama motor berjalan.
Hal ini harus dipisahkan ketika kompresor mencapai kecepatan di mana starting kapasitor tidak lagi diperlukan.
Sementara beberapa kompresor CSR yang lebih kecil dipasangkan sebuah current relay.
relay yang ditentukan untuk kompresor CSR yang lebih besar biasanya dipergunakan relay potensial.

mungkin kelemahan relay pada sistem CSR adalah tidak terbuka pada perangkatnya.
pada saat daya listrik memasuki kompresor, lilitan utama dan lilitan pembantu terdapat arus listrik dan running kapasitor mulai terisi arus listrik.
Ketika kontak dari current relay mulai menutup, ada kemungkinan running kapasitor yang membuang muatan listrik pada kontak bimetal mungkin membakar kedua kontak bimetal sampai menempel.

kontak bimetal mencegah relay dari pembukaan dan starting kapasitor akan tetap berada pada sirkuit.
kapasitor dirancang hanya untuk penggunaan berselang dan secara singkat.
jika relay tidak terbuka, starting kapasitor kemungkinan akan rusak.



E. PSC Motor (Permanent Split Capacitor)

Jenis motor ini menawarkan efisiensi yang optimal dengan penggunaan running kapasitor.
biasanya tidak menggunakan starting relay atau starting kapasitor.
menghasilkan torsi awal yang rendah tetapi juga penghematan biaya.
ac split dan ac window adalah yang paling umum menggunakan kompresor PSC.
unit tersebut biasanya dirancang dengan penggunaan perangkat pipa kapiler.
dan dengan demikian mencapai tekanan seimbang sebelum start-up.
Kompresor yang kemampuannya mulai berkurang dengan demikian tidak menjadi masalah dan dapat menghemat biaya karena tidak menggunakan relay dan starting kapasitor.
efisiensi yang terbaik dari PSC motor adalah memberikan manfaat yang jelas untuk tingginya volume design penyejuk udara.

Hanya ketika tekanan sistem gagal untuk diseimbangkan atau tegangan suplai ke terminal kompresor sangat rendah, kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan mungkin mulai menjadi masalah.
Ada lebih dari satu cara untuk mencapai hal ini yaitu penggunaan (relay potensial dan starting kapasitor) adalah salah satu pilihan.



2. Three Phase Motors atau Motor Tiga Phase

untuk kompresor yang lebih besar, motor tiga phase memiliki kebutuhan yang jelas untuk tiga pasokan phase.
Jika tiga tahap pasokan belum tersedia, ini dapat menambah signifikan biaya instalasi.
Di sisi lain, manfaat dari penggunaan motor tiga phase adalah :
- memiliki starting torsi yang baik.
- dapat dioperasikan dengan berbagai macam tegangan.
- tidak memerlukan perangkat starting tambahan seperti relay dan kapasitor.
- Pengurangan beban pada setiap phase individu, dan dampak minimal terhadap terbakarnya gulungan motor, dll



Kindly Bookmark this Post using your favorite Bookmarking service:
Technorati Digg This Stumble Stumble Facebook Twitter

10 komentar:

Setiawan said...

mas, kompresor ac inverter termasuk jenis kompresor yg mana? apakah kompresor ac inverter sama bentuknya dengan non-inverter? thx

James Priyono on January 20, 2011 at 11:22 PM said...

Kompresor Inverter berbeda dengan type PSC motor yang menggunakan tegangan ac volt untuk suply arus nya.
Kompresor Inverter menggunakan tegangan DC VOLT untuk suply arus nya.
dan Kompresor ini memiliki speed pada gulungan dinamo nya.

Setiawan said...

Mas, ada wiring diagramnya? Mas sudah pernah posting ttg ac inverter?

James Priyono on January 23, 2011 at 11:46 PM said...

Untuk Mas Setiawan, saya belum memposting artikel tentang wiring diagram ac inverter tersebut.
nanti saya usahakan untuk mempostingnya.

jukri on February 16, 2011 at 11:31 AM said...

mas pri..bagaimana caranya untuk mengetahui life time dr kompresor, misalkan kita mau beli kompresor second...

James Priyono on February 17, 2011 at 1:14 PM said...

Untuk Mas Jukri, yang harus di cek ampere kompresor dan tekanannya.
sama seperti postingan saya tentang cara mengetahui kompresor yang baik dan layak pakai.

Anonymous said...

mo tanya tntang kompresor kulkas ms,gmn cara menentukan besaran pk pd kompresor kulkas?tx

James Priyono on August 5, 2012 at 11:33 PM said...

Untuk menentukannya, anda harus lihat tabel katalog kompresor sesuai dengan type data yang berada pada body kompresor.

Unknown on September 19, 2012 at 9:58 AM said...

mas pri saya mau nanya.kulkas saya merek sanyo 1pintu.skrg kulkas ga dingin.kopresor klo saya perhatikan cm bunyi sebentar kira2 5-10 detik stlh itu mati lg.jadi otomatis kulkas ga dingin sama sekali.kulkas beli belum lama sekitar 6 bulanan.mohon jwbn dari mas pri apa sbnrnya yg rusak dari kulkas saya.terima kasih

James Priyono on September 19, 2012 at 7:55 PM said...

Coba check relay kompresornya terlebih dahulu. bila relay berkondisi baik, berarti mekanik kompresor mengalami kerusakan.

 

| Bengkel ac dan kulkas © 2014. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Design by Brian Gardner | Back To Top |