Monday, October 12, 2009

Cara memperbaiki evaporator kulkas


Karena sulitnya mengambil es batu pada lemari es satu pintu/freezer, membuat sebagian orang ceroboh menggunakan benda tumpul untuk mengangkat es batu yang sudah dipenuhi oleh bunga es.
atas kecerobohannya dapat mengakibatkan evaporator terkena tusukan benda tumpul tersebut, sehingga evaporator menjadi bocor dan anda sudah pasti mengeluarkan kocek untuk memanggil teknisi kulkas agar kulkas/freezer menjadi normal kembali.

mengapa pada lemari es satu pintu bila lama beroperasi begitu banyak mengeluarkan bunga es?
jawabannya adalah, lemari es satu pintu dibagian evaporatornya tidak dilengkapi dengan heater seperti yang terdapat pada lemari es dua pintu.
pada lemari es dua pintu yang menggunakan fan motor pada bagian pintu atasnya, es batu dalam plastik yang sudah beku dapat dengan mudah kita ambil.

Bila sudah bocor, dapatkah evaporator diperbaiki kembali???
jawabannya...bisa, dengan menggunakan lem besi yaitu lem dalam tube kecil yang satu berwarna hitam dan yang satunya berwarna putih dan dapat anda beli pada toko bangunan.
campurkan dengan takaran yang sama antara putih dan hitam, dalam waktu lima menit lem akan menjadi keras seperti batu.

untuk hasil yang maksimal, usahakan sebelum menempelkan lem besi pada evaporator lemari es satu pintu yang tertusuk benda tajam, evaporatornya diamplas dan besihkan dengan lap kering terlebih dahulu.
dan anda pastikan dalam evaporator sudah tidak ada lagi tekanan sisa freon.
setelah diamplas sampai catnya hilang, barulah anda aduk lem tersebut.
setelah campurannya rata, tempelkan atau letakan pada lubang evaporator yg mengalami kebocoran tersebut dan biarkan sampai beberapa jam.
bila masih ada tekanan freon pada tempat yang bocor, biarkan sisa freonnya habis terlebih dahulu, setelah habis sisa freonnya barulah melakukan penambalan dengan lem besi tersebut.

cara diatas hanya untuk menekan biaya pembelian evaporator, sehingga pengeluaran biaya perbaikan lemari es anda tidaklah begitu besar, cukup mengeluarkan biaya pengisian freonnya saja.

Kindly Bookmark this Post using your favorite Bookmarking service:
Technorati Digg This Stumble Stumble Facebook Twitter

38 komentar:

Anonymous said...

keren mas, informatif, tolong info dong klo isi ulang freon utk freezer kulkas (1 pintu, kecil)yg bocor kira2 berapa? tks

James Priyono on January 18, 2011 at 5:22 PM said...

Terimakasih atas komentar anda di blog saya ini.
Biaya pengisian freon dan perbaikan kebocorannya sekitar 250 rb untuk freezer.

dedyblogess on June 9, 2011 at 5:52 PM said...

Mas,tabung preon itu biasanya berapa?ada yg kecil gak,kalau kulkas kehabisan gas preon gimana cara isinya,mksdnya isi sndiri.trims

James Priyono on June 10, 2011 at 10:10 AM said...

untuk mas Deddy.
anda bisa membeli freon ukuran yg 300 gram berikut kran nya.
cara pengisiannya anda bisa lihat di postingan saya.

Benyamin on June 12, 2011 at 10:05 PM said...

Mas, mohon infonya, gimana kalau AC LG dihidupkan dan ngga mau hidup, hanya yang tertera dilampu power tulisan CH dan 02 secara bergantian. Tks

James Priyono on June 14, 2011 at 9:55 AM said...

Untuk sdr Benyamin, kode tersebut mengimformasikan kerusakan pada termistor koil dibagian kanan evaporator (indoor unit).

rudi on June 15, 2011 at 9:33 PM said...

Mas, kenapa kulkas saya pada bagian freezer tiba-tiba hanya dingin saja tapi engga bisa jadi es ya
tks
rudi

James Priyono on June 16, 2011 at 1:50 AM said...

Untuk Mas Rudy.
Kemungkinan ada kebocoran freon di sambungan pipa, atau bisa juga di evaporator yang tertusuk benda tajam sewaktu mengambil es.

Anonymous said...

yono.....
mas kalo kompressor tidak mau hidup apakah pasti kompressornya rusak

James Priyono on July 30, 2011 at 7:10 PM said...

cek dahulu apa ada tegangan yg masuk kedalam kompresor.
kompresor tidak bisa hidup bisa terjadi karena ada pemotongan arus dari overload, thermostat atau dari kabel yg putus.

budilazuardi on August 4, 2011 at 8:38 AM said...

Mas klo beli evaporator kulkas panasonic tanto di mana ya,udah tak coba tambal bocor terus,bocor di beberapa tempat

James Priyono on August 4, 2011 at 12:35 PM said...

Bisa anda beli pada pusat service panasonic bagian spare part yg berada dikota anda.
bila anda tinggal di Jakarta, anda bisa kunjungi panasonic service centre dijalan Dewi Sartika Jak-tim

Anonymous said...

MAS SAYA PUNYA FREZER NYALA TAPI NGAK DINGIN PADAHAL BARU DULU DIPAKAI NGAK MASALAH KIRA 1TAHUN INI BARU SAYAA COBA NGAK DINGN. KATANYA ADA YANG BOCOR KALAU ITU PIPAYANG BERKELOK22 ITU BOCOR APA HAARUS DIGANTI ATAU DI TAMBAL TRMK

James Priyono on August 19, 2011 at 1:04 PM said...

Bisa anda tambal kebocoran tersebut dengan menggunakan lem besi.

annlee on August 19, 2011 at 9:40 PM said...

mas, klo evaporator kena tusukan benda tajam kita tambal pake lem besi pada bagian dalam frezer apa kita bongkar pada bagian blakangnya mas ? tks

James Priyono on August 21, 2011 at 4:25 AM said...

Bagian evaporator tidak perlu dibongkar, bila freon sudah habis didalam unit, anda amplas bagian yg bocor tersebut.
lakukan pencampuran lem besi yg warna hitam dan putih dengan takaran yg sama.
setelah tercampur dengan rata, tutup bagian yg bocor tersebut dan diamkan selama beberapa jam agar lem mengering.
setelah itu isi freon kembali lemari es anda.

Anonymous said...

Mas kulkas frezeer sy koq dinginx g' rata...rak atasx sdh dgn bgt tp yg bawahx dinginx g' sampe ngeluarin bunga es...masalahx apa y?thanx so much before

James Priyono on September 8, 2011 at 12:14 AM said...

Bila pendinginan di evaporator tidak rata, kemungkinan ada kebocoran freon pada sambungan pipa di kompresor atau bisa jg evaporator bocor tertusuk oleh benda tajam sewaktu mengambil es batu.

Anonymous said...

Mas untuk pembelian freon dmn ya? ApA saMa kaya isi fReoN mobiL?? Apa 300 graM cuKuP uNtuK kuLkas 1 piNtU,,?terimakasih

James Priyono on September 9, 2011 at 3:01 PM said...

Untuk freon ukuran 300gr bisa anda beli ditoko spare part ac dan kulkas.

Anonymous said...

kalau air es yang mencair dah masuk ke dalam lubang yang bocor gimana keluarinnya mas

James Priyono on September 25, 2011 at 12:53 AM said...

Bila air telah masuk dlm sistem pendingin dan bila anda coba mengisi freon maka akan mengalami kebuntuan di evaporator.
bila air yg masuk terlalu banyak, maka anda hrs melakukan penggantian olie kompresor, penggantian pipa kapiler dan filter strainer.
lalu melakukan pembersihan/flashing pada evaporator dan kondenser dengan menggunakan freon 11.

Anonymous said...

Mas, bagaimana caranya agar saya bisa ketahui apakah kulkas saya yg bocor cukup ditambal dgn lem besi saja atau kemasukan terlalu banyak air sehingga perlu ganti oli dsb?

James Priyono on December 3, 2011 at 10:37 PM said...

Untuk mengetahui adanya air dalam sistem pendingin bisa diketahui sewaktu mengisi freon.
atau anda bisa check dengan melihat olie kompresornya, bila ada air ganti olie tersebut dengan yg baru dan melakukan pembersihan pada jalur evaporator dan kondensornya dengan freon 11.

manja on March 17, 2012 at 12:48 PM said...

Mas kulkas kalau ada bunyi stik..stik..stik.. dan tidak dingin,itu kerusakan pada apanya, kulkas keluarga. tq atas jawabanya.

James Priyono on March 18, 2012 at 2:18 PM said...

Kulkas tidak bisa dingin biasanya ada kebocoran freon dibagian pipa sambungan.
bila ada rembesan olie pada pipa sambungan dibagian kompresor dan drier, berarti ada kebocoran freon.
masalah bunyi, bisa terjadi karena tidak lancarnya aliran freon atau dari mekanik kompresor.

Blank kitchen on June 13, 2012 at 10:51 AM said...

mas,kayaknya kemaren sy pas nyongkel pake pisau dibagian atas itu ada suara kayak angin keluar
setelah itu kulkas tidak bisa dingin lagi
kira2 itu klao di lem sendiri masi bisa dingin gak ya kulkasnya
atau mesti isi lagi freonnya?
soalnya bingung mau cari tukang servis lagianjg bingung bawanya
bekas tusukan itu kecil sekali

James Priyono on June 15, 2012 at 4:07 PM said...

Evaporator yg bocor bisa diperbaiki dengan lem besi atau lem khusus untuk penambal lubang kebocoran evaporator.
Bila anda tidak mempunyai manifold dan pompa vakum, sebaiknya diperbaiki oleh tukang service kulkas saja. karena kulkas yg sudah habis freonnya harus diisi freon kembali.

Anonymous said...

mas, mau tanya, kalo kulkas pintu dua yg pintu bawah tempat sayuran/buah itu kurang dingin, memang bagian bawah pintu ada karetnya yg terlepas, apakah pengaruh dari situ jadi ngga dingin atau sebab lain? karet yg lepas -/+ 10 cm, ada tidak lem yg bisa nempelin karet pintu itu biar nempel lagi. terima kasih ya...

James Priyono on June 29, 2012 at 12:50 AM said...

Coba anda tutup dulu bagian karet pintu yang terlepas dengan busa stereofom.
bila sudah ditutup tetap tidak dingin, berarti kulkas anda tidak bisa melakukan defrost.
Bagian pintu bawah tidak bisa dingin adalah tanda-tanda kulkas 2 pintu anda tidak bisa melakukan defrost atau heater mencairkan bunga es pada evaporator.

lufas on July 2, 2012 at 6:26 AM said...

kulkas saya bagian freezernya masih tetap dingin dan bisa mnghasilkan es, tapi dibagian bawah setiap pagi ada air tergenang dan terdengar seperti air menetes ( bocor ) sehingga dibagian bawah kulkas suhu tidak sedingin sebelumnya
kira-kira apa penyebabnya ?

James Priyono on July 3, 2012 at 5:40 AM said...

Coba check selang pembuangan airnya yang berada dibawah evaporator, mungkin tersumbat karena banyaknya kotoran atau lumut.

Anonymous said...

Mas infonya sangat.membantu sekali.Trimakasih. Freezer saya jga sdh tdk dingin lagi,sisa bunga es di ujung sudut kanan freezer saja. Itu jga sdh ada kebocoran?klw kita paksa oakai berbahaya ya? Klw mau service kemana ya? Mohon.info, saya di Jakarta Timur,mereknya Mitsubisi,kulkas satu pintu. Tx

James Priyono on August 16, 2012 at 2:09 AM said...

Kulkas anda mengalami kebocoran freon, sebaiknya jangan dioperasikan sebelum diperbaiki.
biasanya disetiap jalan protokol daerah jakarta timur ada bengkel service ac dan kulkas.

taufik said...

mas... cara pengisian freon caranya gimana ya...

James Priyono on August 18, 2012 at 12:10 AM said...

Untuk melakukan pengisian freon, anda harus memiliki manifold meter, peralatan las, pompa vakum dan Freon.
caranya sudah saya postingkan diblog ini.

Deyfie Supit on September 19, 2012 at 7:03 PM said...

Mau nanya mas. Kulkas sy ga dingin terus di dalam frezer terdengar air mengalir terus. Itu apa ya?

James Priyono on September 19, 2012 at 8:03 PM said...

Kulkas anda mengalami kebocoran freon. coba check pipa dibagian sambungan kompresor atau bagian evaporator jika pernah mengambil es dengan benda tajam.
jika ada rembesan oli nya berarti ada kebocoran freon.
matikan aliran listrik ke kulkas sebelum mencari kebocoran freon.

 

| Bengkel ac dan kulkas © 2014. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Design by Brian Gardner | Back To Top |