Saturday, November 29, 2008

Pengecekan kerusakan pada ac mobil.











Prinsip kerja mesin pendingin semuanya sama, yang berbeda hanya alat spare-part dan freonnya saja, pada ac mobil menggunakan compressor yang digerakkan dengan sebuah vanbelt melalui putaran mesin.
compressor ac mobil menggunakan clutch/kopling untuk menggerakan piston didalam compressor, pipa pengeluarannya berbentuk drat luar dengan tulisan S untuk suction/hisap D untuk discharge/tekan.
Pipa yang digunakan pada ac mobil bukan jenis pipa ac yang digunakan pada sistem ac split yaitu pipa tembaga.
Pada sistem ac mobil menggunakan pipa jenis karet agar bila terjadi guncangan saat mobil dijalankan, pipa karet ini akan tetap utuh dan fleksibel untuk dapat mengalirkan tekanan freon.
Bila pipa tembaga yang digunakan, mungkin akan cepat patah bila terjadi guncangan saat mesin mobil dihidupkan atau mobil dijalankan.

coba anda perhatikan selang karet bernepel dari compressor drat D (discharge/tekan) pasti menuju pada condenser yang berada didepan radiator mobil anda, dari condenser disambungkan pada strainer yg mempunyai sight glass (kaca untuk melihat aliran freon) lalu dari strainer menuju Expansion valve (pengganti pipa kapiler) baru masuk kedalam evaporator dan kembali kepada compressor drat S (suction/hisap).

evaporator dan condensor pada ac mobil model sekarang terbuat dari almunium, jadi bila terjadi kebocoran anda bisa membeli yang baru atau memilih untuk dilas.
anda bisa mengelasnya di jalan wr buncit raya dekat kantor imigrasi jakarta selatan, ini anda lakukan bila kebocoran pada evaporator/condenser tidak terlalu banyak bocornya, soalnya biaya las dihitung perlubang.

hal-hal yg membuat ac mobil anda menjadi tidak dingin

1. Adanya kebocoran pada selang karet suction atau discharge.
bila anda ingin memperbaiki sendiri anda dapat memotong selang karet tepat ditempat yang terjadi kebocoran dengan pisau cutter.
masukan 2 buah klem baut yg ukurannya lebih dari selang karet ac mobil anda, lalu masukan pipa ac ukuran 5/8 panjang 10 cm kedalam selang karet yg anda potong tadi lalu kencangkan klem baut untuk menekan pipa 5/8 agar tidak terjadi kebocoran.
lakukan vakum dengan mesin vakum kemudian isi freon R134A atau R12, ditoko spare-part ac ada yg menjual freon R134A ukuran 3 ons, belilah 2 botol untuk ac mobil yg tidak doble blower.
tapi bila ac mobil anda doble blower belilah 3 atau 4 botol.
pentil pengisian freon pada compressor ac mobil sekarang berdrat dalam, tidak seperti comppressor ac mobil R12 berdrat luar yg langsung dapat dipasangkan selang manifold.
anda harus membeli alat tambahan agar selang manifold dapat terpasang pada compressor ac mobil R134A.




2. Tekanan yg dikeluarkan oleh comppressor ac mobil anda sudah lemah, mungkin klep tekan dan klep hisap yg berada dalam comppressor ada yang patah.
kalau compressor tekanannya sudah berkurang, saya sarankan anda menggantinya dengan yg baru.

3. Evaporator dan condenser tertutup oleh debu atau kotoran.
anda dapat merasakan desiran angin yang keluar dari blower ac mobil anda, bila udara yang keluar tidak beraturan berarti blower ac mobil anda harus dicuci dengan mesin steam.

4. Extra fan pada condenser tidak dapat berputar
chek apa ada aliran lstrik 12 volt dc pada kabel yang menuju extra fan, atau cek juga bila extra fan macet.

5. Evapporator mengalami kebocoran.
untuk mengecek kebocoran evaporator mobil memang agak sulit, apalagi bila mobil anda berjenis mobil sedan, karena anda harus membuka dashboard untuk dapat melihat dan melepaskan evaporator tersebut.

6. condenser mengalami kebocoran.
untuk mengeceknya anda siramkan air sabun pada sisi kanan dan kiri condensor tersebut, perhatikan apa ada gelembung udara yang keluar diantara tekukan U nya.
periksa juga sambungan nepel di compressor, strainer, condenser dan di evaporator, ini dilakukan bila freon masih tersisa dalam sistem ac mobil anda.

7. Chek thermostat apakah dapat menghubungkan aliran listrik.

ac mobil menggunakan switch pressure, jadi bila tidak ada tekanan freon dalam sistem ac mobil anda, compressor tak mau hidup walaupun switch ac anda geser keposisi on.
dan untuk mengecek apa freon dalam ac mobil anda berkurang atau tidak, anda dapat melihat pada sight glass yg berada pada strainer/drier.
bila anda melihat aliran freon ada berbusa berarti ada pengurangan freon tapi bila yg anda lihat seperti aliran air dan tidak berbusa berarti ac mobil anda berkondisi baik/tidak ada pengurangan freon.


8. Bila mobil berhenti ac tidak dingin, tetapi kalau jalan ac dingin.
Cek bagian idle up ac mobil anda, idle up berfungsi untuk menaikan RPM mesin mobil anda disaat mobil dalam keadaan berhenti atau posisi gas langsam.
idle up akan bekerja menaikan RPM mesin mobil anda, karena kompresor ac mobil hanya akan bekerja pada putaran 500 RPM.





Download Techbook Automotive Air Conditioning in here

Kindly Bookmark this Post using your favorite Bookmarking service:
Technorati Digg This Stumble Stumble Facebook Twitter

11 komentar:

denny said...

halo salam kenal mas, ada servis ac mobil juga?

James Priyono on January 24, 2011 at 6:36 PM said...

Salam kenal juga dari saya untuk Bung Denny.
untuk saat ini saya tidak menerima perbaikan ac mobil.

Anonymous said...

ok mas nanti saya coba bongkar mobil saya...tapi mas bantuin do`a ya...karena ini baru pertama kali saya bongkaar ac mobil...

James Priyono on February 6, 2011 at 6:15 PM said...

Klo ada kesulitan saya akan membantu anda, semoga berhasil.

Anonymous said...

bguna banget bang, ane sdh ke bengkel ac dan barusan baca ni jadi ngerti dikit2.

Anonymous said...

salam kenal mas, mas,utk membuka dashboard mobil pertama kali harus dimulai darimana bukanya? dan setelah berhasil dibuka gimana cara ngeluarin evap dari dalam mobil? trims

James Priyono on March 25, 2011 at 3:18 AM said...

terus terang saya blm ahli dlm hal membuka dashboard mobil.
untuk membuka evaporator, terlebih dahulu buka 2 nepel yg berada pada samping kiri evaporator dengan dua buah kunci inggris.
setelah terbuka nepelnya, anda buka baut pada bracket penahan blower ac nya.

Anonymous said...

mas, mengapa harus ada relay pd ac mobil? gunanya apa?

James Priyono on March 25, 2011 at 9:15 PM said...

Fungsi relay adalah untuk mengkopel arus ke kompresor.

sanyota said...

salam kenal mas

James Priyono on June 24, 2011 at 6:14 PM said...

Salam kenal kembali dan salam sejahtera buat mas Sanyota.

 

| Bengkel ac dan kulkas © 2014. All Rights Reserved | Template Style by My Blogger Tricks .com | Design by Brian Gardner | Back To Top |