Cara mencuci/service ac split











Cara mencuci ac split dapat anda lakukan bila anda mempunyai sebuah mesin steam.
selain itu anda juga harus menyiapkan sebuah terpal yg berukuran panjang 3 meter dan lebar 1,5 meter.
terpal ini berfungsi untuk mengalirkan air kotor dari ac yg kita service ke sebuah bak/ember yg diletakan dibawah ujung terpal.
anda juga membutuhkan plastik ukuran panjang 1,5 meter dan lebar 30 cm untuk menutupi bagian atas indoor unit agar disaat anda mencuci ac split, tekanan air yg keluar dari mesin steam tidak membasahi plafon.

anda juga harus menutupi bagian komponen pcb dengan sebuah kantung plastik, agar air tidak mengenai komponen pcb.
bila air mengenai komponen pcb akan mengakibatkan kerusakan dan ac split tidak akan berfungsi/mati total.
Pertama-tama sebelum melakukan pencucian ac split anda harus terlebih dahulu mencabut steker ac agar aliran listrik tidak tersambung pada ac split.
ini untuk menjaga keselamatan agar anda tidak tersengat arus listrik disaat anda mencuci ac split.

selanjutnya buka tutup indoor unit, ada sebuah ac split merk tertentu yg menyembunyikan letak posisi baut pengunci tutup indoor unit.
jika anda tidak mengetahui letak posisi baut pengunci tutup indoor unit itu, saya sarankan membaca buku petunjuknya.
setelah tutup indoor unit terbuka, pasang terpal yg bagian atas sebelah kanan yg sudah diikatkan sebuah tali plastik atau karet ban dalam, agar terpal dapat menggantung/terikat dibawah sisi indoor unit.

jangan lupa pasang plastik dibagian atas indoor unit, dan kantung plastik untuk menutupi bagian komponen indoor unit.
selanjutnya bila pemasangan terpal sudah dilakukan dan mesin steam sudah dipasang, operasikan mesin steam dan tunggu sampai tekanan air keluar dari ujung selang.
mesin steam yg merknya terkenal dapat secara otomatis ke posisi off bila pada ujung spray gun ditutup.

tapi bila mesin steam anda tidak otomatis, saya sarankan pada waktu pencucian ac, anda meminta bantuan seseorang untuk mengoperasikan mesin steam dan menambahkan air kedalam bak yg susut karena terhisap oleh mesin steam.
lakukan penyemprotan pada evaporator bagian atas dulu, lalu turun kebagian bawah dan lakukan berulang-ulang sampai evaporator bersih dari kotoran dan lumut.
bila lubang selang pembuangan air dialihkan kesebelah kanan, semprot lubang pembuangan air sampai lumut yg berada pada selang pembuangan air keluar semua.
tapi bila lubang pembuangan air berada disebelah kanan dekat komponen pcb, hati-hati menyemprotnya karena semprotan air dapat mengenai komponen pcb.

untuk itu pergunakan selang yg panjangnya 50 cm yg diameternya lebih kecil dari lubang pembuangan air, agar selang dapat masuk ke lubang pembuangan air dan semprotkan selang tersebut agar kotoran/lumut yg berada pada lubang pembuangan air dapat dibersihkan/dikeluarkan.
setelah bagian evaporator dibersihkan, beralih kebagian blower yg berada dibawah evaporator, lakukan penyemprotan sampai air yg mengalir keluar melalui terpal menjadi bening/bersih.

lakukan lagi penyemprotan pada bagian evaporator dan bagian blower sampai benar-benar indoor unit menjadi bersih.
setelah penyemprotan indoor telah selesai dilakukan, lap bagian bawah sisi indoor unit dengan kain kering, lalu lepaskan terpal dan kantung plastik pada komponen indoor unit.
bersihkan tutup indoor unit beserta filternya, bila sudah dibersihkan lap tutup dan filter indoor unit sampai benar-benar kering, khususnya bagian yg menutupi komponen pcb.

pasang kembali tutup indoor unit dan jangan lupa pasang kembali bautnya.
setelah penyemprotan pada indoor unit telah selesai, beralih kebagian outdoor unit, dibagian ini tidak diperlukan terpal atau kantung plastik.semprotkan bagian condenser yg dipenuhi oleh debu, cuci outdoor sampai bersih.
setelah penyemprotan/pembersihan pada outdoor selesai dilakukan, operasikan ac split, keringkan air yg keluar dari bagian blower indoor ketika ac dioperasikan.

Comments :

15 komentar to “Cara mencuci/service ac split”
RoYaLBlue said...
on 

wah informasi yang sangat membantu Pak...^^

tapi keknya masih kurang gambar step by stepnya...:)

makasih ya Pak...:D

Hari said...
on 

Mas pri sehari-hari service ac menggunakan mesin steam merk apa? utk merk "Lakoni starwash" bagusan mana dengan merk "superwash"? Trims.

James Priyono said...
on 

Saya menggunakan merk Kyowa, saya kurang tahu kwalitas kedua merk mesin steam tersebut.

James Priyono said...
on 

Saya menggunakan merk Kyowa, saya kurang tahu kwalitas kedua merk mesin steam tersebut.

Hari said...
on 

Mas pri, mesin steam yg otomatis itu kecepatan pipa hisapnya cepat seperti pompa air? trims mohon dibales ya mas.

James Priyono said...
on 

Tekanan hisap mesin steam dengan pompa air berbeda, lebih tinggi tekanan hisap pompa air dari pada tekanan hisap mesin steam.

Hari said...
on 

mas, apakah air dalam ember akan cepat susut/habis bila dihisap dengan mesin steam tetapi yang otomatis? kalo dihisap pake merk kyowa kan lama habisnya mas, gimana kalo pake merk laen yg otomatis? trims.

James Priyono said...
on 

Mesin steam merk apa saja sudah dirancang khusus untuk tidak menghisap banyak air.
jadi anda bisa menggunakan merk apa saja.

Anonymous said...
on 

Mas, mesin steam sy yg otomatis merk lakoni starwash, bila kran semprotan dalam posisi off, kok mesin steam tetap bersuara? memang otomatis tetap bekerja, tp bukankah harusnya mesin mati(tidak bersuara) dan bila kran dibuka, baru mesin bekerja(bersuara) lagi..? itu kenapa mas..?thx..

James Priyono said...
on 

cara kerjanya sama dengan mesin pompa air, bila kran ditutup maka mesin akan mati beroperasi.
coba anda check otomatis nya, mungkin tidak bisa memutus arus.

Anonymous said...
on 

Kalau otomatis bermasalah, mesti diganti ya mas? Terkadang sesekali mesin bisa mati, tp kebanyakan mesin tidak mati.

James Priyono said...
on 

Sebelum diganti, coba anda perbaiki terlebih dahulu.
alat itu kerjanya sama dengan relay yg mendapat dorongan dari tekanan air.

Anonymous said...
on 

Oke sip mas, uda saya kencengin otomatisnya, uda bisa hidup mati secara normal kembali, makasih atas pengarahannya mas...good luck...

Anonymous said...
on 

kalo yg unit indoor ada air yg netes bagian mana yg di bersihkan mas? ato ada tip tambahan utk servis AC? tq

James Priyono said...
on 

Menetesnya air bisa disebabkan karena pipa pembuangan air tersumbat karena lumut. untuk menyemprot lubang pembuangan air, pergunakan selang kecil untuk dimasukan kedalam lubang pembuangan air tersebut lalu semprot dengan mesin steam melalui selang kecil tersebut.
menetesnya air bisa juga disebabkan oleh talang pembuangan air bagian atas tersumbat. ini terjadi bila indoor unit menggunakan evaporator berbentuk letter L.
Untuk membersihkan jalur pembuangan air bagian atas, indoor harus dibongkar atau diturunkan untuk dibersihkan dengan mesin steam.